15 Merk Mobil MPV Terbaik di Indonesia (Rekomendasi Keluarga)

Mobil MPV saat ini menjadi banyak menjadi pilihan keluarga Indonesia karena mobil jenis ini mampu memuat penumpang lebih banyak.

Jika pada awalnya MPV diciptakan untuk memuat 5 penumpang, maka saat ini rata-rata mobil mpv mampu memuat 7 penumpang.

Mobil jenis ini tentu cocok dijadikan mobil keluarga terutama bagi yang memiliki keluarga besar.

1. Toyota Alphard

Merk Mobil MPV

Bagi penggemar MPV premium, siapa yang tidak kenal dengan Merk Mobil MPV Toyota Alphard? Toyota Alphard dikenal karena memiliki desain memikat dan kental dengan nuansa kemewahan.

Velg Toyota Alphard juga terkesan mewah dengan ukuran 18 inci. Toyota Alphard tersedia dalam varian 2.5 X, 2.5G, dan Hybrid.

Untuk varian Alphard Q dilengkapi dengan mesin V6, teknologi VVT-i, dan transmisi otomatis baru 8-speed yang lebih hemat dan ramah lingkungan.

Interiornya memiliki warna baru dengan sandaran kursi lebih nyaman dengan bekal lumbar support untuk menyokong tulang punggung.

Fitur digital rear view mirror juga melengkapi kamera parkir mundur yang ditampilkan di kaca spion tengah.

Selain itu fitur blind spot juga membantu pengemudi untuk melihat sejumlah titik buta.

Kekurangan mpv ini hanya pada harganya yang tidak terjangkau oleh semua orang.

 

2. Toyota Kijang Innova

Merk Mobil MPV

Nama Kijang Inova sudah tidak asing lagi bagi penggemar mobil Toyota di Indonesia. Mobil MPV 7 penumpang ini juga dikenal sebagai salah satu mobil keluarga di Indonesia dengan reputasi terbaiknya.

Berbicara tentang performanya, Toyota Kijang Innova 2.0 liter menggendong mesin 1 TR-FE 4-silinder inline, 16 valve DOHC, Dual VVT-i. Toyota Inova menghasilkan tenaga 139 PS pada 5,600 rpm dan torsi puncak 18.7 kg,m pada putaran 4,000 rom.

Sedangkan untuk mesin diesel 2.4 lt menggunakan mesin 2GD FTV 4-silinder, 16 valve, VNY Intercooler menghasilkan output 149 PS dan torsi puncak 36.7 kg.m.

Selain memiliki eksterior dan interior nyaman, Toyota Kijang Innova ini dibesut dengan fitur safety dan keamanan terbaik.

Kendati demikian tipe diesel memiliki kabin yang kurang kedap suara dibandingkan varian bensin.

3. Toyota Calya

Merk Mobil MPV

Toyota Calya merupakan MPV 7 penumpang yang dibekali dengan penampilan apik dan menarik. Toyota Calya banyak disukai oleh banyak keluarga muda dan generasi millenial karena cukup terjangkau.

MPV 7 penumpang murah ini dibekali dengan mesin 3NR, 4-silinder segaris, 16 valve, DOHC berkapasitas 1197 cc.

Mampu menghasilkan power maksimal 88 PS pada putaran 6,000 rpm dan torsi maksimal 11 kg.m pada putaran 4,200 rpm. Tersedia dalam tipe 1.2 E M/T, tipe 1.2 G M/T, dan tipe 1.2 G A/T.

Toyota Calya memiliki sistem transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis 4-percepatan. Mobil LCGC ini juga hemat konsumsi BBM, dengan kebutuhan 1 liter bensin untuk menempuh jarak 20 km.

Selain eksterior apik dan stylish, Toyota Calya dibesut dengan interior lapang dan nyaman bagi 7 penumpangnya. Fitur safety lengkap mulai dual SRS Airbags, driver seatbelt reminder, seatbelt pretensioner, sensor parkir, dan pengereman ABS.

Juga immobilizer key dan sistem anti theft alarm anti maling membuat penumpang di dalamnya senantiasa merasa aman.

4. Toyota Avanza

Merk Mobil MPV

Mobil sejuta umat ini tersedia dalam varian Avanza reguler dan Veloz sebagai kasta tertingginya. Toyota Avanza tampil lebih segar dengan perubahan baru seperti lampu LED Headlamp di semua variannya.

Di sisi lain Avanza masih memiliki lampu jauh, lampu sein, lampu foglamp, dan lampu rem yang bertipe masih bohlam biasa.

Interior kabin Avanza anyar terasa lega dan nyaman untuk menampung 7 penumpang. Kabinnya juga terasa lebih senyap.

Lampu Eco Indicator, Head Unit Touchscreen, meter cluster, kaca spion elektrik dengan lampu sein, melengkapi kecanggihan Avanza.

Saat ini model baru Toyota Avanza ditawarkan varian 1.3 E M/T, 1.3 E A/T, 1.3 G M/T, 1.3 E A/T. Selain itu juga tersedia Avanza 1.5G dengan transmisi manual 5-percepatan.

Toyota Avanza 1.3 L menggendong mesin baru 1NR-VE 1.3L, Dual VVT-i yang mampu menghasilkan kekuatan 96.5 PS.

Namun Avanza model 1.5 liter menggunakan mesin 2NR-VE, Dual VVT-i yang menghasilkan power 104 PS.

Keduanya sama-sama menggunakan mesin 4 silinder, 16 katup dan DOHC. Fitur safety lengkap mulai immobilizer key, seat bealt warning untuk penumpang di baris depan, seat belt with pretensioner.

Sistem pengeremen Anti-lock Braking System, dan Isofix melengkapi keamanan dan kenyaman MPV 7 penumpang ini.

5. Toyota Sienta

Merk Mobil MPV

Toyota Sienta juga bisa menjadi Merk Mobil MPV 7 penumpang terbaik lainnya. Meski minim perubahan, namun memberikan penyegaran bagi Sienta yang lama tidak terdengar kabarnya.

Model terbarunya dibekali dengan fungsi keamanan Toyota Sienta facelift seperti intelligent clearance sonar atau parking support brake.

Selain itu MPV 7 penumpang ini juga lebih hemat bahan bakar. Model regulernya hanya mengkonsumsi bensin 22.8 km/liter dan versi hibrid berhemat 22.8 km/liter.

MPV 7 penumpang ini juga tersedia dalam beberapa varian seperti E, G, V, dan Q. Selain itu juga tersedia pilihan transmisi 6-kecepatan dan CVT. Khusus tipe Q tersedia dalam transmisi CVT saja.

Hadir dengan mesin berkapasitas 1497 cc dengan tipe 2NR-FE, 16 valve, DOHC, Dual VVT-i. Toyota Sienta diklaim mampu menghasilkan power maksimal hingga 107 PS pada putaran 6,000 rpm dan torsi puncak 144 kgm pada 4,200 rpm.

Hadir dengan tiga baris kursi, Toyota Sienta mampu mampu menampung 7 penumpang dengan nyaman. Kursi baris ketiganya bisa dilipat dengan sekali tarikan saja.

Selain itu Toyota Sienta yang dibesut dengan pintu geser terlihat lebih premium. Berbekal konsep modern, active, dan fun, Toyota Sienta mengandalkan desain eksterior modern dan stylish.

Demikian juga bagian interior yang tidak kalah apiknya. Konsep boxy dengan sliding door di sisi kiri dan kanan membuat Toyota Sienta cukup apik.

6. Daihatsu Xenia

Merk Mobil MPV

Salah satu mobil MPV 7 yang Juga dikenal dengan julukan MPV sejuta umat, namanya telah teruji cukup lama di Indonesia.

Mobil ini tersedia dalam dua pilihan mesin 1.3 lrt dan 1.5 lt, dengan sistem transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Sebagai andalan, Daihatsu Xenia 1.3 liter menggendong mesin 4-silinder 1NR-VE DOHC Dual VVT-i, 1329 cc.

Mesin ini mampu menghasilkan daya maksimum 97 PS pada putaran 6,000 rpm dan torsinya menyentuh 12.3 kg,m pada 4,200 rpm. S

elain itu Daihatsu Xenia juga tersedia dalam mesin 1.5 liter bertipe 2NR-VE DOHC Dual VVT-i, 4-silinder. Diklaim mampu menghasilkan power 104 PS pada 6,000 rpm dan torsi 4,200 rpm.

Xenia juga memiliki interior nyaman dengan tiga baris kursi penumpang, headunit layar sentuh 2DIN yang juga bisa menjadi navigasi.

7. Daihatsu Sigra

Merk Mobil MPV

Nama daihatsu sigra pasti tidak asing lagi di jajaran mobil MPV 7 penumpang di Indonesia. Hadir sebagai mobil LCGC, Daihatsu Sigra dibesut dengan harga terjangkau.

Sebagai salah satu MPV 7 penumpang terlaris di pasaran, kemunculan Sigra juga disambut hangat oleh konsumen.

Selain banyak digunakan sebagai mobil keluarga, Daihatsu Sigra juga banyak disukai sebagai mobil taksi online. Daihatsu Sigra ditawarkan dalam varian mesin 1.0 liter dan mesin 1.2 liter, serta tersedia dalam banyak varian.

Untuk Daihatsu Sigra 1.0 liter menggendong mesin bertipe 1KR-VE, DOHC VVT-i 3-silinder 998 cc. Mampu memuntahkan daya maksimal 67 PS pada putaran 6,000 rpm dan torsi 89 Nm pada putaran 4,400 rpm.

Sedangkan varian 1.2 liter, Sigra menggunakan mesin bertipe 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i, 4 silinder 1197 cc. Menghasilkan output maksimal 88 PS pada putaran 6,000 rpm dan torsi 108 Nm pada 4,400 rpm.

Bagi Anda yang ingin mobil MPV 7 penumpang LCGC murah, maka Merk Mobil MPV ini sangat direkomendasikan.

8. Honda Mobilio

Merk Mobil MPV

Honda Mobilio merupakan Merk Mobil MPV 7 penumpang yang menyasar segmen entry-level. Mobil MPV 7 penumpang Honda ini mengandalkan penampilan stylish dan modern, baik eksterior maupun dan interior.

Honda Mobilio generasi terbaru memiliki kabin lapang dan nyaman. Performa mantap dan juga lebih hemat bahan bakar.

Honda Mobilio dibekali dengan mesin 1.5 liter 4-silinder segaris, 16 katup + DBW. Mesin ini mampu memuntahkan daya maksimum 118 PS pada putaran mesin 6,600 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada 4,600 rpm.

9. Honda Odysey

Merk Mobil MPV

Honda Odyssey tampil dengan desain fascia baru, terutama bagian grille dengan garnis dan juga lampu LED di lampu kabut dan juga headlam.

Selain itu di bagian belakang, Honda Odyssey baru dibekali dengan lampu rem yang dilengkapi dengan LED light baru.

Honda menyematkan mesin 2.4 liter i-VTEC Earth Dream CVT yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 175 dk pada putaran 6,200 rpm.

Torsi puncaknya menyentuh 225 Nm pada putaran 4,000 rpm. Penumpang di dalamnya juga bakal merasa lebih aman berkat dukungan fitur safety dan keamanan lengkap seperti ABS, EBD, dan BA.

Selain itu fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA) melengkapi fitur keamanan yang dimiliki oleh Honda Odyssey.

Interior Honda Odyssey juga cukup nyaman dengan baris kedua dilengkapi captain seat dengan ruang kaki-kaki yang lapang.

Hanya saja Honda Odyssey termasuk di jajaran MPV 7 penumpang premium dengan harga yang cukup mahal.

10. Datsun Go+

Merk Mobil MPV

Mobil ini diposisikan sebagai mobil keluarga yang disebut mampu membuat seluruh penumpangnya untuk menikmati perjalanan dengan nyaman.

Tersedia dalam banyak varian mulai D MT, A MT, T MT, T Style MT, A CVT, T CVT, dan T-Style CVT. Generasi terbarunya menyandang transmisi otomatis X-tronic CVT juga tersedia dalam sistem transmisi manual 5-speed.

Datsun GO+ ini merupakan mobil bertipe LCGC dengan harga murah untuk memenuhi kebutuhan MPV 7 penumpang di Indonesia.

Transmisi X-tronic yang merupakan teknologi sistem transmisi milik Nissan melekat pada Datsun GO+, menghasilkan perpindahan gigi lebih halus dan lebih hemat.

Datsun GO+ menggendong mesin 3-silinder berkapasitas 1,2 liter yang mampu menyemburkan tenaga hingga 68 PS.

Untuk transmisi CVT mobil ini mampu memuntahkan tenaga hingga 78 HP. Torsi yang dihasilkan mampu menembus 104 Nm.

Datsun GO+ ini juga dibekali dengan fitur seperti monitor 2DIN 6.75 ic yang bisa dihubungkan ke smartphone dan sebagai navigasi. Juga tersedia hiburan AM/FM radion, AUX, port USB, dan Bluetooth.

Selain tiga varian kursi yang nyaman, Datsun GO+ juga memiliki fitur AC untuk kesejukan udara dalam kabin.

Fitur safety seperti dual SRS airbags, pengereman ABS + EBS, sensor parkir, dan masih banyak lagi melengkapi keamanan Datsun GO+ ini.

Desain eksterior Datsun+ yang segar dengan grille hexagonal dan lampu depan berteknologi LED daytime running light terlihat memikat dan elegan.

11. Wuling Conferno

Merk Mobil MPV

Wuling Conferno merupakan mobil MPV 7 penumpang asal China yang memiliki kabin super lega. Berkat mesin DOHC, DVVT berkapasitas 1485 cc, 4-silinder, Wuling Confero S mampu menghasilkan daya maksimal.

Daya mencapai 107 HP pada putaran 5,800 rpm dan torsi puncak 12 Nm pada putaran 3,800 – 4,400 rpm. Performanya tentu tidak bisa dianggap enteng, dipadukan dengan sistem transmisi manual 5-speed.

MPV ini dilengkapi dengan fitur audio sistem berupa layar touchscreen 8 inci yang mendukung USB, Bluetooth, dan USB charging.

Demikian juga fitur safety lengkap mulai pengereman ABS + EBS, dual SRS Airbag, immobilizer, sensor dan kamera parkir, seatbelt hingga baris ketiga.

Hal yang menaruk untuk memilih Wuling Confero S ini adalah kapasitasnya yang mampu memuat 7-8 penumpang.

12. Wuling Cortez

Merk Mobil MPV

Saat ini Wuling Cortez ditawarkan dengan tiga varian, yakni Cortez 1.5, Cortez 1.8, dan Cortez CT. Wuling Cortez 1.5 yang tersedia dalam sisten transmisi 6-speed manual ini menggendong mesin 1.5 liter, 4-silinder inline, DOHC, DVVT.

Yang mampu menghasilkan daya 110 HP / 5,800 rpm dan torsi 142 Nm pada 3,800-4,400 rpm.

Sedangkan Wuling Cortez 1.8 menggunakan mesin 1.8 L, 4-silinder, DOHC. Mampu menghasilkan power 129 HP pada 5,600 rpm dan torsi 174 Nm pada putaran 3,600 – 4,600 rpm.

Model 1.8 l ini tersedia dalam sistem transmisi manual 6-speed dan sistem transmisi otomatis 5-speed AMT.

Selain itu Wuling juga memiliki Wuling Cortez CT yang menawarkan mesin 1.5 liter turbocharger, 4-silinder inline, DOHC, DVVT. Yang menghasilkan tenaga hingga 140 HP / 5,200 rpm dan torsi 250 Nm pada 1,600 -3,600 rpm.

Wuling Cortez CT ini tersedia dalam sistem transmisi manual 6 speed dan CVT. Eksteriornya sudah memiliki projector lamp dengan lampu halogen, interior dengan fabric untuk jok, dan semi leather untuk tipe Luxury.

Adanya sunroof juga membuat MPV 7 penumpang ini terasa lebih mewah.

13. Suzuki Ertiga

Merk Mobil MPV

Mobil MPV 7 penumpang terbaik lainnya adalah Suzuki Ertiga. Mobil ini menjadi andalan Suzuki di segmen mobil MPV 7 penumpang.

Generasi terbarunya, Suzuki Ertiga Sport muncul sebagai kasta tertinggi diantara semua varian Suzuki Ertiga standar lainnya.

Model Suzuki Ertiga Sport memiliki tampang lebih agresif dan mengikuti tren otomotif anyar dengan beberapa peningkatan.

Kabin interiornya yang berkapasitas 7-seater terlihat lega dan nyaman dengan desain new color dashboard dan new seats materials.

Dengan nansa warna hitam di bagian dashboard, jok, instrumen panel, dan juga trim door. Suzuki Ertiga juga memiliki head unit layar sentuh 6.8 inci dan juga dukungan fitur AC Auto Climate Digital.

Fitur safety lengkap dengan hadirnya fitur electronic stability programme, hill hold control, TECT Bodu, ABS, EBD, dual SRS Airbags.

Suzuki Ertiga generasi terbaru masih menggunakan mesin bertipe K15B, DOHC, VVT dengan kubikasi 1,462 cc. Mampu menggelontorkan maksimun 104,7 PS dan torsi maksimun 138 Nm.

Mobil MPV 7 penumpang ini memiliki sistem transmisinya manual 5-percepatan dan transmisi otomatis 4-percepatan.

14. Nissan Grand Livina

Merk Mobil MPV

Selanjutanya ada Nissan Grand Livina salah satu Merk Mobil MPV terbaik yang patut dipertimbangkan untuk dimiliki. Hadir dalam lima varian, yakni VL A/T, VE A/T, EL A/T, EL M/T, dan E M/T, mobil ini memiliki bekal fitur-fitur mewah dan berlimpah.

Diantaranya seperti dual SRS airbag, ABS + EBD, keyless entry, hill start assist, tombol push / start engine, cruise control, dan kamera parkir.

All New Livina ini dibekali mesin 1.5 liter, 4-silinder inline, 16 valve, DOHC dan twin VTC atau Variable Timing Control.

Mesinnya disebut mampu menghasilkan power maksimal 104 PS pada putaran 6,000 rpm dan torsi maksimal 141 Nm pada putaran 4,000 rpm. Generasi anyar Nissan Livina ini menggunakan sistem transmisi manual 5-percepatan M/T dan transmisi otomatis 4-speed.

15. Nissan Serena

Merk Mobil MPV

Mobil ini juga menjadi salah satu mobil MPV 7 penumpang terbaik saat ini. Nissan Serena telah dibekali dengan sokongan teknologi anyar Nissan berupa Intelligent Mobility.

Sistem ini memudahkan penumpang untuk akses keluar dan masuk mobil dengan hanya mengayunkan kaki di bawah pintu.

Selain itu pintu bagasinya bisa dibuka secara keseluruhan atau kacanya saja. Ditawarkan dalam 2 versi MPV medium, yakni Serena X dan Serena Highway Star atau HWS.

Bagian eksterior mobil ini mengalami beberapa perubahan, seperti warna two tone. Juga fitur touchless di pintu geser elektrik samping.

Bagian interior Nissan Serena memiliki captain seat berbalut kulit, moon roof, dan monitor di pafon 11 inci untuk penumpang belakang. Juga monitor Nissan Intelligent Mobility kamera mundur 360 derajat.

Nissan Serena masih menggunakan mesin bensin 2 liter, 4-silinder yang mampu menghasilkan output 150 PS.

Itulah beberapa Merk Mobil MPV yang kami rekomendasikan. Semoga artikel ini bisa membantu anda menentukan mobil yang cocok.