20 Peluang Usaha Rumahan (Modal Kecil & Menjanjikan)

Mempunyai usaha rumahan dengan modal kecil, tapi mendatangkan banyak keuntungan bukanlah mimpi semata. Kini semakin mudah untuk mendapatkan peluang usaha dari rumah asalkan jeli melihat setiap peluang yang ada.

Apalagi didukung dengan variasi usaha yang dijalankan dari rumah dan inovasi yang kian beragam juga.

Ditunjang dengan kemajuan digital, bahkan kini pemasarannya pun tidak hanya lewat offline semata. Dengan pemasaran online jangkauannya lebih mudah dan luas.

Apabila Anda tertarik untuk membuka usaha di rumah simak yuk peluang usaha yang bisa dimanfaatkan:

1. Catering Harian

Peluang Usaha Rumahan

Membuka usaha rumahan adalah ide alternatif khususnya untuk Ibu rumah tangga yang ingin punya penghasilan lebih atau berdaya guna.

Peluang yang bisa dilirik dan berpotensi mendatangkan banyak keuntungan padahal modalnya kecil adalah catering rumahan.

Catering rumahan kini banyak dicari terutama oleh kantor atau instansi yang menginginkan variasi makan dengan menu sehat.

Bisa dikatakan usaha ini mempunyai prospek yang cerah.

Kekurangannya sebagai catering harian, menu yang dihasilkan harus selalu baru dan fresh. Oleh sebab itu bahan yang digunakan pun harus fresh pula. 

2. Penjahit Pakaian

Peluang Usaha Rumahan

Mempunyai keahlian dalam menjahit akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda yang ingin  membuka usaha di rumah. Dengan keahlian tersebut Anda bisa menerima jahitan dengan desain sendiri atau sesuai keinginan orang lain.

Bahkan dengan keahlian itu juga, Anda berpeluang untuk membuat brand pakaian sendiri lho.

Kekurangan membuka usaha penjahit biasanya terletak pada tingkat kreativitas. Seperti diketahui kompetitor usaha ini sangat banyak.

Sehingga Anda harus mempunyai ciri khas dalam jahitan yang dihasilkan. Jika tidak kreativ, maka orang tidak akan dengan mudah datang ke tempat Anda.

3. Jasa Dropship

Peluang Usaha Rumahan

Mempunyai media sosial yang aktif akan lebih menguntungkan apabila Anda memanfaatkannya untuk berjualan secara online. Berjualan di media sosial tidak menuntut Anda untuk menyetok barang sendiri.

Sebab kini banyak pilihan cara berjualan. Baik itu menjadi reseller atau sistem dropship.

Sistem yang kedua adalah sistem yang paling banyak diminati karena minim resiko. Tidak perlu repot menyetok barang dan mengirim kepada pemesan.

Penyedia barang yang Anda jualkan barangnyalah yang akan melakukan semuanya.

Sedangkan kekurangan bisnis ini adalah karena menganut sistem dropship tentu Anda tidak bisa mengecek kualitas barang tersebut dan rawan terjadi penipuan.

4. Penulis Online

Peluang Usaha Rumahan

Jika dahulu penulis hanya dikenal sebatas penulis buku, tapi tidak untuk sekarang di jaman yang serba digital. Saat ini penulis online adalah salah satu profesi yang banyak sekali peminatnya.

Mulai dari penulis artikel untuk media online, copy writer dan juga buzzer. Ada yang merasa mempunyai kemampuan menulis dan ingin memulai usaha  dari rumahan, bisa mencoba untuk menekuni profesi yang satu ini.

5. Youtuber

Peluang Usaha Rumahan

Berkembangnya dunia internet telah masuk dalam berbagai bidang media sosial. Salah satunya adalah media youtube.

Dahulu orang mengenal youtube hanya digunakan untuk melihat video  atau tayangan sebuah acara yang ditayangkan secara online.

Akan tetapi, saat ini dari youtube dapat mendulang kesuksesan dan berlimpah materi. Menjadi youtuber sangat digemari karena untungnya yang menggiurkan.

Utamanya dari kalangan artis yang akhirnya menjadi role model karena kesuksesan mereka menjadi you tuber.

6. Jasa Penerjemahan

Peluang Usaha Rumahan

Mempunyai keahlian menguasai banyak bahasa juga menjadi keuntungan tersendiri. Anda bisa membuka jasa penerjemahan di rumah.

Pekerjaannya yang fleksibel dan dapat dilakukan kapan pun adalah kelebihan yang menjadikannya sebagai ladang mereguk banyak keuntungan.

Untuk membuka usaha penerjemahan ini, Anda memang diharuskan menguasai beberapa bahasa. Yang paling utama adalah bahasa Inggris. Penguasaan bahasa yang mumpuni akan banyak membantu.

Kelebihan membuka usaha ini adalah selain keuntungan materi, Anda dapat menjadi pembaca pertama buku tersebut.

Sedangkan kekurangannya, untuk menunjang hasil terjemahan, Anda harus menyediakan banyak buku dan literasi sebagai pendukung.

7. Usaha Franchise

Peluang Usaha Rumahan

Takut memulai usaha karena tidak tahu tata cara membuka dan mengembangkannya? Kini Anda tidak perlu khawatir sebab bisa mencoba usaha rumahan dalam bentuk franchise. 

Ciri khas usaha ini adalah tidak perlu mempersiapkan apa pun terkait perlengkapan usaha. Karena telah disediakan. Ini adalah kelebihan bisnis tersebut.

Perlengkapan usahanya berbentuk paket yang dapat Anda pilih sesuai dengan modal yang Anda punya. Bentuk franchise beragam sekali. Ada franchise untuk makanan, minuman hingga jasa.

Sedangkan kekurangannya, meskipun berstatus franchise dan sudah punya nama, Anda tetap harus bekerja keras untuk mengenalkan produk yang dijual pada banyak orang.

8. Warung Makan

Peluang Usaha Rumahan

Yang mempunyai hobi dan kemampuan memasak, tidak hanya catering harian yang bisa dicoba. Peluang usaha rumahan lain adalah membuka warung makan di beberapa tempat yang strategis atau bisa juga di teras rumah.

Tergolong usaha dengan keuntungan menjanjikan sebab modal awal yang digunakan tidak selalu besar. Pastinya usaha ini tidak akan mati. Karena masih banyak yang membtuhkan makan.

Kekurangan usaha warung makan adalah banyaknya kompetitor yang sejenis sehinga Anda harus mempunyai  banyak cara untuk membuat warung makan Anda terlihat berbeda.

Misalnya mengandalkan menu andalan yang tidak ada di tempat lain. Atau memperbanyak menu tradisional yang saat ini mulai jarang ditemukan.

9. Jual Pulsa dan Paket Internet

Peluang Usaha Rumahan

Menjual pulsa dan paket internet untuk saat ini adalah usaha yang banyak dibutuhkan. Mengapa demikian? Karena kebutuhannya sangat tinggi sedangkan penjual pulsa yang ramah sangatlah minim. 

Oleh sebab itu wajar jika peluang usaha ini patut untuk dicoba bagi siapa pun yang ingin meraih keuntungan berlipat dari sebuah bisnis.

Layaknya usaha lain yang pasti mempunyai kekurangan, demikian halnya dengan jualan pulsa.

Salah satunya yang paling sering terjadi adalah mudahnya proses pembayaran di belakang atau hutang terlebih dahulu. Sehingga seharusnya menjadi untung malah sebaliknya, jadi tekor dan tidak balik modal. 

10. Laundry Kiloan

Peluang Usaha Rumahan

Usaha laundry adalah pilihan yang tepat. Peluang usaha bisa juga didapat dari enggannya banyak orang untuk sekedar mencuci pakaiannya yang kotor dengan dalih kesibukan. Usaha laundry kini semakin mudah ditemui dimana pun.

Apalagi saat musim hujan tiba, usaha ini semakin ramai. Untuk memulai usaha ini bisa dilakukan dengan modal kecil dahulu dari rumah sambil perlahan mengembangkannya menjadi besar.

Usaha ini juga tak luput dari kekurangan, yaitu apabila mesin cuci yang terlalu sering dipakai, akan mengalami kerusakan sedangkan biaya operasionalnya sangat besar.

11. Usaha Warnet

Peluang Usaha Rumahan

Meskipun saat ini lebih banyak yang menggunakan smartphone untuk mengakses internet, tapi usaha yang satu ini masih eksis hingga sekarang. Buktinya di beberapa tempat Anda masih bisa menemukan tempat usaha ini. 

Membuka usaha warnet sangatlah menguntungkan sebab tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Untuk pemula bisa memulai dengan 2 atau 3 pcs komputer dulu sebagai perlengkapan.

Kekurangannya, terkadang jaringan internet yang digunakan tidak selalu cepat layaknya mengakses lewat smartphone dan tidak ada privasi meskipun disediakan bilik.

12. Usaha Kerajinan Tangan

Peluang Usaha Rumahan

Mempunyai bakat dan kemampuan dalam membuat kerajinan tangan adalah keuntungan tersendiri. Anda bisa menjadikan hobby dan passion tersebut menjadi sebuah usaha yang menguntungkan. 

Beberapa jenis usaha kerajinan tangan yang bisa dicoba misalnya adalah membuat bantal karakter, gelas custom, perhiasan dan aksesoris, kerajinan flanel dan masih banyak lagi yang lainnya yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kemampuan.

Seperti usaha yang lain, usaha ini pun punya kekurangan dimana agar usaha ini bisa tetap eksis dan bertahan lama, dibutuhkan inovasi-inovasi terbaru.

Inovasi tersebut juga yang akan membedakannya dengan usaha kerajinan yang lain.

13. Usaha Souvenir

Peluang Usaha Rumahan

Sama halnya dengan usaha kerajinan tangan, membuka usaha souvenir bisa dikatakan sebagai usaha yang menggiurkan. Apalagi jika sedang musim pernikahan, permintaan souvenir biasanya akan meningkat.

Beberapa souvenir yang sering dibutuhkan misalnya gelas, pigura, kipas dan yang lainnya.

Kelebihan membuka usaha ini tidak membutuhkan biaya atau modal yang cukup banyak, yang paling penting adalah kemampuan untuk melakukan kreasi.

Sedangkan kekurangannya adalah harus selalu mempunyai ide baru agar souvenir selalu up to date dan sesuai dengan tren.

14. Usaha Kue Kering dan Basah

Peluang Usaha Rumahan

Usaha rumahan ini lebih banyak ditekuni oleh ibu rumah tangga yang biasanya membutuhkan penghasilan tambahan. Dari segi analisa usahanya, termasuk jenis usaha yang menggiurkan karena menjanjikan keuntungan yang besar.

Padahal modal yang dibutuhkan tidaklah banyak. Ini adalah salah satu kelebihan usaha ini.

Kelebihan lainnya adalah target pasarnya yang luas serta proses pemasaran yang mudah. Anda bisa menjual aneka kue kering dan basah di depan rumah selain berjualan di lain tempat yang strategis.

Kekurangan dari usaha ini utamanya kue basah tidak dapat bertahan lama. Sehingga harus habis saat itu jika tidak ingin mengalami banyak kerugian.

15. Usaha Tanaman Hias

Peluang Usaha Rumahan

Mempunyai hobi merawat tanaman hias bisa Anda jadikan usaha yang lumayan menjanjikan. Sekilas terlihat usaha ini tidak begitu membawa prospek.

Namun, dengan semakin tingginya permintaan tanaman hias untuk taman rumah atau yang lainnya, kini usaha ini mulai banyak dilirik dan ditekuni.

Sebagai usaha yang tidak mengenal musim, usaha tanaman hias adalah jenis usaha yang konsisten penjualannya cukup stabil sehingga keuntungan yang akan Anda dapatkan pun akan selalu konsisten.

Akan tetapi, karena tanaman biasanya membutuhkan perawatan khusus, biaya operasional yang harus dikeluarkan juga lumayan banyak.

16. Usaha Mainan Anak

Peluang Usaha Rumahan

Suka dengan dunia anak dan segala pernak perniknya. Bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha mainan anak. Ditambah saat ini banyak keluarga yang peduli dan membutuhkan mainan anak yang edukatif.

Momen seperti ini yang harus Anda manfaatkan dengan baik.

Sebagai usaha dari rumah yang mulai banyak peminatnya, usaha ini memiliki beberapa kelebihan yang dapat Anda jadikan pertimbangan.

Salah satunya dengan menjual mainan anak yang berkualitas, maka Anda turut serta mendukung mainan edukasi yang bermanfaat untuk perkembangan anak.

Adapun kekurangannya adalah karena mainan anak cukup beragam, maka Anda harus pandai memilih dan memilah mainan yang berkualitas.

17. Pembuatan Tanaman Artifisial

Peluang Usaha Rumahan

Tanaman artifisial adalah salah satu jenis tanaman dekorasi yang banyak digunakan di berbagai perkantoran, acara pernikahan, di rumah hingga acara besar yang lainnya.

Di pasaran permintaan akan tanaman ini lumayan besar. Apalagi jika tanamannya berkualitas, bagus dan tidak ada cacat.

Kelebihan usaha ini Anda dapat mendapatkan banyak keuntungan dari usaha ini apabila mempunyai kreativitas yang tinggi dan detail terhadap apa yang dibutuhkan.

Sedangkan kekurangannya adalah karena bermain di dalam kreativitas, maka ide-ide segar untuk membuat tanaman harus sering Anda dapatkan.

Bisa dengan mengunjugi tempat tertentu atau mencari referensi dari tempat lain yang relevan.

18. Jasa Pengetikan

Peluang Usaha Rumahan

Usaha lain yang bisa dijalankan dari rumah adalah membuka jasa pengetikan. Prospeknya terbuka lebar apabila rumah Anda dekat daerah kampus atau perkantoran.

Untuk mendukung usaha ini dan mengembangkan secara perlahan, Anda bisa membuka usaha penjualan ATK yang keuntungannya tidak kalah menguntungkan.

Kelebihan membuka usaha ini adalah dengan penyediaan dana yang minim pun, Anda  sudah bisa menjalankannya.

Sedangkan kekurangannya, karena tidak selalu ramai, maka harus dibarengi dengan inovasi usaha yang lain. Seperti usaha ATK misalnya.

19. Guru Privat

Peluang Usaha Rumahan

Masih banyak usaha rumahan lain yang dapat Anda coba sesuai dengan kemampuan. Usaha yang lain misalnya adalah menjadi guru privat atau guru les. Anda bisa membuak kelas privat di rumah dengan beberapa murid.

Kondisi pendidikan dengan kurikulum yang semakin berat, wajar apabila seorang murid membutuhkan belajar secara pribadi untuk memantapkan materi yang didapat disekolah.

Apalagi sekarang banyak orang tua yang mempercayakan tambahan pelajarannya pada guru privat dari pada harus mengajari sendiri. Ini adalah salah satu keuntungan dari usaha yang satu ini, banyak peminatnya.

Sedangkan kekurangannya sebagai usaha rumahan, tentu tidak ada legalisasi atau ijin resmi.

Akan tetapi, tanpa adanya ijin pun Anda bisa membuktikan bahwa hasilnya sama berkualitasnya dengan bimbingan pelajaran yang mengantongi ijin resmi.

20. Pencucian Kendaraan Bermotor

Peluang Usaha Rumahan

Mempunyai lahan kosong di depan rumah bisa Anda manfaatkan untuk membuka sebuah usaha. Contohnya adalah pencucian kendaraan bermotor.

Kelebihan usaha jasa ini adalah tidak membutuhkan banyak modal dan tempat yang luas. 

Cukup dengan modal mesin kompresor, selang air dan sabun, fix usaha ini sudah bisa Anda buka. Tentunya harus diiringi niat dan komitmen yang tinggi.

Kelebihan lain membuka usaha ini adalah keuntungannya yang lumayan banyak. Apalagi jika lokasi usahanya berada di tempat strategis atau di pinggir jalan.

Adapun kekurangannya adalah Anda harus pandai membuat inovasi agar tidak kalah dengan usaha lain yang sejenis. Misalnya memberikan diskon atau pelayanan ekstra untuk hari tertentu.

Dari daftar di atas manakah yang sekiranya benar-benar menarik perhatian Anda, dan tentunya sesuai dengan passion? mengerjakan usaha yang sesuai dengan passion akan membuat nyaman, menikmati prosesnya dan juga meraup banyak kesuksesan.

Usaha apa pun yang dilakukan baik usaha rumahan atau usaha yang lainnya jika dilakukan dengan serius dan melalui langkah yang tepat akan membuat perjalanan usaha tersebut tidak akan mengalami kendala yang berarti. 

Menjalankan usaha sesuai dengan langkah yang tepat juga akan mendatangkan banyak keuntungan bagi Anda. Kesuksesan yang telah dirancang semenjak awal akan mudah untuk dicapai.

Tidak hanya mendatangkan keuntungan secara materi, usaha yang Anda lakukan akan lebih banyak dikenal secara luas sehingga potensi untuk membesarkannya akan semakin terbuka lebar.

Itu artinya keuntungan yang didapat pun akan semakin besar.

Nah itulah beberapa peluang usaha rumahan dengan modal kecil, menjanjikan, dan menguntungkan. Cocok untuk pemula, ibu rumah tangga, pensiunan, orang tua.