√ Panduan Lengkap Usaha Jual Pulsa (Analisa & Bisnis Plan)

Menjalankan usaha jual pulsa? Mengapa tidak ? Kini kebutuhan pulsa apalagi pulsa internet sangatlah tinggi. Kebutuhan untuk selalu menggunakan internet pastinya yang dibutuhkan adalah pulsa.

Menangkap peluang ini, saat ini Anda akan lebih mudah menemui konter pulsa di berbagai tempat strategis untuk memenuhi kebutuhan.

Kelebihan Bisnis Jual Pulsa

Usaha Jual Pulsa

Sebagai jenis bisnis rumahan, bisnis jualan pulsa mempunyai beberapa kelebihan layaknya usaha kue dan usaha souvenir yaitu:

  • Modal untuk memulai usaha relatif kecil. Hanya dengan uang sebanyak Rp. 100.000 Anda sudah bisa memulai usaha.
  • Peralatan mudah. Apalagi jika tidak membuka konter, Anda hanya tinggal menyiapkan HP khusus dan dapat melayani pembelian dari rumah.
  • Dapat dilakukan oleh siapa pun yang berniat ingin serius memulai usaha hanya dengan mengandalkan modal yang kecil.

Kelemahan Bisnis Jual Pulsa

Usaha jualan pulsa pun memiliki sejumlah kelemahan yang harus benar-benar diperhatikan yaitu:

  • Banyak yang Berutang

Kendala terbanyak dan sering kali ditemui adalah seringnya orang berhutang saat membeli pulsa. Utamanya dari teman atau keluarga.

Jika hutang tersebut segera dibayar tentu tidak akan masalah. Namun, apabila sampai berbulan-bulan tentu akan menghalangi keuntungan yang seharusnya sudah didapat.

Modal pun tidak akan bisa berputar. Akibatnya tentu saja, Anda harus menambah modal lagi untuk membeli saldo. Bahkan bisa mengalami kebangkrutan.

  • Tempat yang Kurang Strategis

Pemilihan tempat usaha untuk berjualan juga sama pentingnya dan sering jadi kendala. Pemilihan tempat yang tidak strategis akan mengakibatkan usaha Anda tidak bisa berjalan maksimal dan tidak laris manis.

Untuk usaha semacam ini, lebih baik jika Anda memilih tempat keramaian atau tempat yang sering dilewati banyak orang. 

  • Server yang Sering Trouble

Kendala lain yang sering dihadapi adalah kesalahan atau trouble dari server yang digunakan. Akibatnya pelanggan akan lama dalam menerima pulsa yang telah dibeli.

Jika sering terjadi tentu akan membuat para pelanggan lari dan mencari tempat lain yang lebih cepat pelayanan server-nya.

Modal Usaha Jual Pulsa

Modal Usaha Jual Pulsa

Jenis usaha rumahan yang tidak membutuhkan banyak modal salah satunya adalah usaha jualan pulsa. Modal yang dibutuhkan sangat kecil. Bahkan dengan mengisi saldo sebanyak Rp. 100.000.

Analisa Keuntungan Usaha Jual Pulsa

Untuk menganalisa usaha jualan pulsa ini, ibaratkan dalam satu harinya Anda mengisi saldo sebanyak Rp. 100.000. jadi dalam sebulan Anda akan menghabiskan dana sebanyak Rp. 3.000.000. 

Adapun dalam setiap pengisian Anda mendapatkan keuntungan Rp.1000, dan dalam sehari berhasil menjual 10 pengisian, maka keuntungan Anda sehari adalah Rp. 10.000

Dalam sebulan keuntungan yang Anda dapat menjadi Rp. 300.000.

Itu jika untuk satu kartu saja, jika banyak kartu maka, keuntungan akan semakin besar. 

Target Pasar Usaha Jual Pulsa

Target Pasar Usaha Jual Pulsa

Target pasar bisnis jual pulsa ini lumayan luas karena setiap orang pastinya membutuhkan pengisian pulsa. Namun,yang paling sering memanfaatkan jasa jualan pulsa adalah:

  • Mahasiswa

Target pasar terbesar dari bisnis ini adalah para mahasiswa. Mereka banyak membutuhkan pulsa untuk komunikasi. Termasuk pulsa internet untuk menjangkau informasi.

  • Pegawai kantoran

Seperti halnya dengan mahasiswa, para pekerja kantoran pun banyak membutuhkan pulsa untuk melakukan komunikasi.

Dengan pegawai kantor yang biasanya jarak kerjanya jauh, bisa melakukan pembelian pulsa secara online. Dengan syarat ada komitmen dan tanggungjawab.

  • Pasangan suami istri

Pasangan suami istri pun sangat membutuhkan pulas untuk melakukan komunikasi. Diiringi dengan perkembangan digital kebutuhan pulsa internet juga sangat dibutuhkan.

Peralatan yang Dibutuhkan untuk Jual Pulsa

Untuk membuka usaha jualan pulsa peralatan utama yang harus ada tentu saja adalah hp. Apabila ingin membuka konter pulsa, maka Anda harus mencari tempat yang strategis serta menyiapkan etalase.

Untuk mendukung kelancaran usaha, Anda juga bisa menjual berbagai aksesoris HP.

Cara Promosi Bisnis Jual Pulsa

Cara Promosi Bisnis Jual Pulsa

Untuk mempromosikan usaha jualan pulsa yang baru di rintis, Anda dapat melakukannya melalui :

  1. Media Sosial (Facebook, Instagram, WhatsApp)
  2. Market Place
  3. Pasang Banner dan Spanduk yang Menarik
  4. Follow Up melalui SMS

Tips Sukses Bisnis Jual Pulsa

Tips Sukses Bisnis Jual Pulsa

Kesuksesan dalam bisnis apa pun adalah impian banyak orang. Begitu juga dengan usaha jualan pulsa. Agar sukses dan selalu laris lakukan tips berikut ini:

  • Gunakan Server Pulsa yang Cepat dan Terpercaya

Penggunaan server pulsa untuk usaha jualan pulsa sebisa mungkin menggunakan server yang cepat dan terpercaya. 

Memilih server yang cepat, transaksinya lancar akan membuat pelanggan yang datang ke toko Anda akan merasa puas.

Jika sudah demikian, maka pelanggan tersebut akan merekomendasikan kecepatan pelayanan Anda kepada orang lain.

Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan lebih dari satu server. Untuk menghindari apabila terjadi trouble bisa menggunakan server yang lain.

  • Menyediakan Berbagai Layanan Pulsa

Tips sukses menjalankan usaha jualan pulsa selanjutnya adalah dengan menyediakan berbagai paket pulsa elektrik dari berbagai operator.

Jaman yang semakin maju dengan adanya internet, juga harus menuntut Anda untuk menyediakan pulsa paket internet.

Saat ini pengguna smartphone yang aktif melakukan kegiatan internet semakin banyak sehingga kebutuhan paket internet lebih penting dari pada pulsa telepon.

Akan lebih baik jika Anda menyediakan pulsa internet yang bisa langsung digunakan tanpa harus mendaftar lagi.

  • Melakukan Promosi Offline dan Online

Keberlangsugan suatu usaha tidak akan berarti tanpa adanya promosi yang dilakukan. Untuk bisnis jual pulsa, saat ini promosi tidak hanya bisa dilakukan lewat offline saja.

Pelayanan pulsa online pun semakin mudah untuk ditemui. Promosi online bisa dilakukan melalui facebook, twitter dan lain sebagainya.

Cara membelinya pun cukup mudah. Cukup dengan memesan secara online. Sesudah harga yang tertera ditransfer oleh pembeli, Anda bisa langsung mengirimnya.

Jadi kini pelanggan Anda tidak hanya teman, tetangga atau keluarga saja. Orang yang berasal dari jauh pun bisa menjadi pelanggan Anda.

  • Bersaing Dalam Hal Pelayanan

Bisa Anda amati dengan seksama, tempat jual pulsa yang menjual dengan harga tinggi biasanya tidak akan bertahan lama. Sebab kebanyakan orang cenderung memilih paket pulsa dengan harga yang lebih miring.

Usaha jual pulsa adalah usaha menarik yang bisa dilakukan. Untuk menjalankan usaha ini dibutuhkan semangat tinggi dan kerja keras. Apalagi kompetitor usaha ini mulai banyak ditemukan.

Utamakan pada pelayanan yang memuaskan sehingga pelanggan akan tetap setia meskipun di sebelah usaha Anda terdapat usaha sejenis yang memiliki harga lebih murah.