1

Peluang Usaha Modal 10 Juta

Jika direnungkan kembali, ada sebuah fakta menarik dari karyawan kantor yang tak disadari.

Mereka mungkin memiliki penghasilan yang kecil, namun mereka mempunyai waktu luang yang cukup besar.

Sayangnya, kebanyakan karyawan yang menggunakan waktu secara optimal, atau bahkan berusaha mengubahnya menjadi pundi-pundi uang.

Sebenarnya, dari waktu luang ini, Anda bisa mengambil kesempatan seperti menjalankan usaha sampingan.

Tak perlu mudah yang besar, banyak usaha modal 10 juta yang bisa Anda jalankan dengan mudah. Cocok untuk ibu rumah tangga, mahasiswa, atau karyawan yang ingin memiliki usaha sampingan.

Mengapa Karyawan Harus Memiliki Usaha Sampingan?

Usaha sampingan sebenarnya menarik untuk dijalani. Karena hanya sebatas usaha sampingan, tentu saja tidak ada kata gagal ketika menjalankan bisnis ini.

Ada beberapa fakta unik mengenai usaha sampingan, antara lain:

  • Pertama, muncul dari ide bagus serta kemampuan sendiri.

Tahukah Anda, jika kebanyakan perusahaan yang sudah besar dan terkenal berawa dari usaha sampingan yang memiliki ide bagus dan keterampilan dalam meramu ide tersebut ?

Semakin unik dan bagus ide yang Anda temukan, akan semakin besar pula kemungkinan untuk sukses.

  • Kedua, peluang bisnis masih terbuka sangat luas.

Tak perlu bingung membuka usaha sampingan. Bila Anda merupakan seseorang yang kreatif, semua dapat dijadikan sebagai bahan bisnis.

Pastikan bisnis yang Anda buka memiliki pasar yang luas. Agar usaha bis sesuai dengan perencanaan, jangan lupa pertimbangkan kompetisi yang nantinya Anda hadapi.

  • Ketiga, membutuhkan uang tambahan.

Mengapa orang kantoran harus membuka usaha sampingan?

Selain untuk mengisi waktu luang setelah pulang kerja, kebutuhan dana tambahan juga mengambil andil.

Dengan menggunakan bisnis sampingan ini, Anda bisa menambah pundi-pundi tabungan.

Tak perlu membuka usaha besar, Anda bisa memulainya dengan membuka usaha modal 10 juta yang berskala sedang.

  • Terakhir, sebagai persiapan di masa pensiun.

Untuk pekerja swasta, pertimbangan mempunyai rencana pensiun memang menjadi sebuah keharusan.

Dengan memiliki usaha sampingan, rencana persiapan masa pensiun menjadi lebih mudah.

Karena, dari sekarang Anda sudah mulai membangun usaha, sehingga ketika nantinya harus pensiun, usaha Anda sudah lebih berkembang dan bukan usaha rintisan.

Ada berbagai macam jenis usaha modal 10 juta yang dapat Anda jadikan sebagai bisnis sampingan. Jenis pertama adalah menyediakan jasa. Berikut beberapa pilihannya, antara lain:

1. Jasa Cuci Kendaraan

Jasa Cuci Kendaraan

Bisnis jasa pencucian kendaraan seperti tidak pernah sepi. Banyak orang yang rela antre hingga berjam-jam hanya untuk memperoleh giliran.

Kualitas pencucian dan harga yang murah membuat banyak orang lebih memilih mencucikan kendaraannya dibandingkan dengan mencuci sendiri.

Modal yang harus dikeluarkan juga terjangkau, hanya Rp 10 jutaan, Anda sudah bisa membuat jasa pencucian yang profesional.

2. Penjahit Pakaian

Penjahit Pakaian

Jika Anda mempunyai kemampuan seperti menjahit pakaian, Anda dapat menggunakannya sebagai pilihan ide bisnis.

Awalnya, usaha menjahit pakaian ini terlihat kurang menarik.

Namun jangan salah, usaha ini memiliki modal yang terjangkau dengan penghasilan yang cukup besar. 

Anda bisa mencari pelanggan orang-orang yang berada di sekitar Anda, namun batasi jahitan sesuai dengan kemampuan, jika Anda sudah mulai kebanjiran pesanan, Anda dapat menambah karyawan.

3. Usaha Tanaman Hias

Usaha Tanaman Hias

Usaha tanaman hias memang mulai menggeliat. Besar kecilnya usaha ini bisa disesuaikan dengan kemampuan modal yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki modal Rp 10 juta, Anda bisa membuka bisnis yang cukup besar.

Modal tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli pupuk, pot bunga, bibit tanaman dan alat perawatan tanaman yang lain. 

4. Usaha Mainan Anak

Usaha Mainan Anak

Usaha mainan anak juga menjadi bisnis yang cukup menggiurkan.

Memiliki laba yang cukup besar, bisnis ini akan cepat membawa Anda pada gerbang kesuksesan. untuk memulai bisnis ini, Anda harus bisa mencari supplier mainan yang berkualitas.

Sebisa mungkin jual mainan yang memiliki nilai edukasi, karena sekarang semakin banyak orang tua yang ingin membelikan mainan bermanfaat untuk buah hatinya. 

5. Konter Pulsa

Konter Pulsa

Jika mencari bisnis yang mudah dan mendatangkan keuntungan yang lumayan, bisnis penjualan pulsa elektrik bisa dijadikan sebagai jawaban.

Apalagi jika Anda berprofesi sebagai karyawan, pasti ada banyak teman yang membutuhkan pulsa.

Untuk alokasi modal, modal dana yang sudah Anda siapkan bisa digunakan untuk membeli etalase konter, membeli aksesoris, modal pulsa dan voucher kuota internet.

Agar bisnis bisa berjalan dengan baik, lakukan survei harga sebelum menjual pulsa.

Survei harga harus dilakukan karena untuk mengetahui harga pasaran pulsa yang berada di sekitar Anda.

Anda dapat mengecek di konter pulsa terdekat, selain itu jangan lupa melakukan sejumlah promosi baik di media sosial atau pun menggunakan selebaran. 

6. Bisnis Pakaian (Fashion)

Bisnis Pakaian (Fashion)

Sekarang ini banyak pakaian murah yang di banderol Rp 30 ribuan.

Peminatnya pun ada begitu banyak. Anda bisa mengalokasikan modal Anda untuk membeli stok pakaian, membuat website bisnis dan yang lainnya.

Beberapa produk pakaian yang bisa Anda jual seperti pakaian laki-laki, daster, dress, sarung, busana muslim dan masih banyak lagi.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus selalu up to date dalam melihat fashion-fashion yang muncul di zaman sekarang.

7. Blogger dan Youtuber

Blogger dan Youtuber

Usaha modal 10 juta yang berikutnya adalah bisnis menggunakan jaringan internet atau bisnis online.

Untuk bisnis ini, Anda bisa mencoba membuat blog. Buat beberapa blog dengan desain yang menarik, dan isi yang berbobot.

Modal yang Anda miliki bisa digunakan untuk membuat website dan membeli konten-konten yang menarik. Jika website tersebut sudah berkembang, Anda bisa melakukan monetize untuk memperoleh pundi-pundi uang.

Selain membuat blog, Anda juga bisa menjadi Youtuber. 

Menjadi Youtuber itu tidak harus terkenal. Anda bisa membuat konten-konten tutorial. Ciptakan solusi dari setiap permasalahan orang lain.

Orang lebih menyukai channel yang bermanfaat dibandingkan channel yang isinya hanya prank atau hal-hal yang tidak berfaedah.

8. Bisnis Kuliner

Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner atau menjual sajian makanan menjadi bisnis yang menggiurkan. Ada beberapa pilihan bisnis yang menggiurkan ini :

  • Pertama menjual sarapan

Jika Anda merupakan seorang karyawan yang memiliki jadwal masuk siang hari, menjual sarapan adalah sebuah ide yang menarik.

Sekarang ini banyak karyawan yang cukup kerepotan untuk mencari sarapan dan menyiapkan bekal kantornya. Usaha rumahan ini bisa Anda jalankan di depan rumah saat pagi hingga jam 10 siang.

  • Kedua, menjual kue / dessert kekinian

Jika Anda memiliki hobi membuat kue, tak ada salahnya menggunakan keahlian tersebut untuk membuat kue.

Menghasilkan uang dari hobi yang kita gemar akan membuat kita menjadi lebih ringan dalam menjalankannya.

Untuk jenis kue, Anda bisa menjual kue modern dan tradisional. Untuk kue tradisional seperti kelepon, apem, onde-onde, cucur dan yang lainnya.

  • Ketiga, bisnis catering makanan karyawan

Memiliki banyak teman kantor? Bila Anda memiliki banyak teman kantor, Anda bisa memanfaatkan momen ini dengan membuka bisnis catering.

Pilih menu catering sehat dan memiliki harga tidak terlalu mahal, sehingga semua kalangan karyawan bisa memesannya. Anda juga bisa memberikan paket harga, agar mereka dapat memilih sesuai dengan kemampuan. 

9. Jasa Fotocopy

Jasa Fotocopy

Bisnis ini sangat laku di daerah kampus, karena banyak mahasiswa yang memerlukan jasa fotocopy untuk mengerjakan tugas kuliah.

Biasanya, tarif untuk jasa ini menyesuaikan jumlah halaman yang di-fotocopy. Untuk menjalankan bisnis ini, pilih lokasi yang strategis seperti di dekat perkantoran dan kampus. 

10. Usaha Barbershop

Pangkas Rambut

Bila memiliki skill untuk menata rambut, tidak ada salahnya menjalankan bisnis ini. Untuk tahap awal Anda dapat mulai membangun jaringan bisnis.

Kekuatan bisnis berada pada jaringan. Seberapa besar bisnis yang Anda miliki, Anda harus secara terus menerus menambah jaringan bisnis.

Jaringan ini seperti pelanggan, rekan bisnis dan yang lainnya. untuk membentuk jaringan ini bisa dilakukan dengan silaturahmi bisnis seperti mendatangi acara untuk menambah kenalan.

Banyak pebisnis yang malas untuk membuka jaringan baru, dengan alasan bisnisnya dapat berkembang tanpa membangun jaringan.

Padahal, ini adalah hal yang keliru. Anda bisa menawarkan bisnis pangkas rambut ini pada teman-teman atau pun tetangga.

11. Usaha Waralaba

Usaha selanjutnya yang bisa Anda jalankan dengan modal 10 juta adalah usaha waralaba.

Waralaba merupakan membeli usaha orang lain yang sudah memeliki prospek dan pasar sendiri.

Ada bayak jenis waralaba yang bisa Anda pilih, mulai dari makanan hingga minuman. Anda bisa menyesuaikan jenis waralaba sesuai dengan target pasar dan prospek di daerah Anda.

Meski Anda menjadi karyawan, Anda bisa menjadikan ini sebagai usaha sampingan.

Anda bisa membayar seorang pegawai untuk berjualan, dan Anda sesekali bisa mengunjunginya saat Anda selesai bekerja.

Cukup menarik, bukan? Apalagi saat weekend, Anda bisa ikut serta dalam berjualan agar Anda tahu bagaimana kondisi di lapangan.

12. Jasa Laundry Kiloan

Jasa Laundry Kiloan

Laundry kiloan bisa menjadi bisnis yang menggiurkan. Anda bisa membuka bisnis ini di sekitar area perkantoran dan kampus.

Meskipun terlihat sederhana, menjalankan bisnis ini harus dilakukan dengan cermat. Kegagalan  bisa disebabkan karena salah dalam menentukan prioritas.

Usaha sampingan memang bukan prioritas pekerjaan utama, namun bila Anda masih bekerja sebagai karyawan dan menjadikan bisnis ini sebagai sampingan, Anda harus berhati-hati.

Biasanya kegagalan disebabkan karena ambisi ingin cepat sukses, sehingga porsi bisnis sampingan menjadi sama besar dengan pekerjaan utama.

Terkadang, pelaku bisnis memaksakan diri dengan menerima banyak pesanan, sehingga lupa dengan posisi aslinya.

Contohnya Anda mengambil cucian dalam jumlah banyak, padahal Anda tidak sanggup untuk mencuci dalam jumlah tersebut.

Poin-poin di atas merupakan bagian kecil untuk memperlancar usaha yang akan Anda jalankan. Saat menjalankan bisnis, jangan sampai memiliki pola pikir keliru.

Kegagalan juga bisa disebabkan oleh pola pikir keliru. Contoh pola pikir yang keliru ini seperti apa saja yang Anda tawarkan pasti akan sukses.

Pola pikir seperti ini bisa dianggap seperti menganggap enteng pemasaran atau pengembangan produk.

Entah memilih usaha modal 10 juta atau usaha dengan modal 100 juta pun, jika pola pikir Anda masih keliru, bisnis tidak akan bisa berkembang. 

Masih banyak ratusan ide usaha modal 10 juta yang bisa Anda ramu menjadi lebih inovatif.

Jual barang yang memiliki banyak peminat, harga murah dan memiliki perputaran modal yang cepat. Dengan cara tersebut, bisnis Anda bisa berjalan dengan lebih lancar. 

loading...

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply