38

Peluang Usaha Online Tanpa Modal

Dengan perkembangan dunia teknologi, semuanya seperti lebih mudah dan praktis. Hal tersebut juga berlaku untuk pebisnis online.

Ada begitu banyak alasan mengapa usaha online sekarang ini menjadi pilihan masyarakat.

Tak hanya dapat dikerjakan dimana pun dan kapanpun, kita juga bisa menjalankan bisnis ini dengan modal yang kecil layaknya usaha rumahan, bahkan terkesan tanpa modal.

Siapa yang mengatakan jika hanya ada usaha modal 5 juta atau usaha modal 10 juta ?

Nyatanya, hanya dengan bermodal paket internet, usaha online tanpa modal ini bisa dijalankan hingga sukses.

Keuntungan Usaha Online

Peluang menjalankan bisnis rumahan ini masih terbuka lebar. Bahkan ada berbagai keuntungan yang dimilikinya :

  • Dapat Dikerjakan di rumah

Ini menjadi alasan mengapa bisnis online lebih banyak peminat. Ketika menjadi pekerja kantoran, mungkin Anda merasa kesulitan membangun usaha.

Alasannya bukan hanya karena modal namun karena tidak adanya waktu untuk menjalankan usaha ini. Berbeda dengan menjalankan bisnis secara online.

Anda dapat menjalankannya kapan pun serta dimana pun, hal yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet dan baik dan laptop.

  • Menjangkau Banyak Orang

Poin ini merupakan kelebihan bisnis yang dijalankan secara online dan begitu vital, karena saat menjalankan usaha, pasti Anda ingin agar usaha menjadi sukses dan banyak orang yang menjadi konsumen.

Dengan menggunakan jaringan internet, Anda dapat memasarkan apapun pada orang lain dimana pun mereka berada, bahkan Anda bisa memasarkan produk hingga ke luar negeri.

  • Dapat Dikerjakan Oleh Siapapun

Tak seperti dunia kerja atau bisnis offline yang mungkin memerlukan surat keterangan atau surat-surat lain untuk membuat sebuah usaha.

Bisnis online tak memerlukan berbagai surat tersebut.

Bahkan, bagi Anda yang tak memiliki pengalaman kerja atau pun sertifikasi, bisa tetap memiliki peluang sukses dengan menjalankan bisnis online.

1. Reseller

Reseller

Apakah Anda sering membeli barang secara online? Jika demikian, mungkin Anda tidak asing lagi mendengar istilah dropshipper atau reseller.

Usaha online tanpa modal yang satu ini dapat menjadi pilihan bisnis yang mudah karena Anda tak perlu berpikir mengenai konsep bisnis dalam membuat produk.

Ketika akan menjalankan bisnis, Anda hanya perlu memikirkan apa produk yang dijual.

Mencari distributor yang tepat untuk mengirim produk tersebut pada konsumen.

Membuat akun di situs market place dan membuat sebuah akun media sosial bisnis serta membuat media promosi. 

2. Dropshipper

Dropshipper

Dengan menjadi dropshipper, Anda bisa memperoleh penghasilan dengan cara memasarkan produk tanpa mengeluarkan banyak modal serta takut mengalami kerugian.

Anda hanya perlu mempromosikan barang yang dijual melalui foto atau gambar yang dimiliki supplier. Walaupun terlihat mudah, Anda harus memastikan jika produk yang dijual memiliki kualitas yang baik.

Selain itu Anda juga harus berhati-hati dalam membanderol harga barang, hindari mengambil keuntungan terlalu besar yang tidak sesuai dengan kualitas barang.

Saat menjalankan bisnis ini, memilih nama toko adalah hal yang harus dipertimbangkan, hal tersebut juga menjadi hal yang nantinya menentukan kesuksesan bisnis yang Anda jalani.

Hindari menggunakan nama yang terkesan pasaran serta memiliki banyak pengguna, karena pelanggan menjadi sulit untuk mengingatnya.

Selain itu hindari menggunakan nama toko yang terlalu rumit, karena pelanggan malah melupakannya dengan cepat.

Tak hanya itu, identitas toko online yang jelas juga harus Anda miliki.

Salah satu cara untuk meraih kepercayaan pelanggan online adalah melengkapi toko dengan data yang lengkap seperti alamat hingga nomor telepon sehingga pelanggan bisa menghubungi Anda sewaktu-waktu.

3. Jasa Penulis Freelance

Penulis Freelance

Sekarang ini tidak sedikit situs pencari kerja yang membutuhkan pekerja lepas. Biasanya, pekerja lepas yang banyak dibutuhkan adalah penulis.

Pekerjaan ini tak terikat dengan perusahaan, selain itu bayaran yang diberikan juga cukup lumayan bergantung dari jam terbang Anda menulis dan jumlah Anda membuat tulisan.

Bila Anda masuk dalam kategori penulis pemula, biasanya penghasilan yang diperoleh lebih rendah, namun jika sudah berpengalaman, penghasilan yang di dapatkan tentu lebih besar.

Tak perlu merasa ragu atau malu mengambil proyek tulisan dengan bayaran yang tak besar, tetapi jangan lupa untuk terus meningkatkan kemampuan serta mengembangkan diri dalam dunia tulis menulis.

Jika semakin banyak proyek yang Anda ambil, akan semakin banyak pula kritik dan saran yang nantinya akan mengasah kemampuan Anda. Dengan demikian, Anda bisa sekaligus memperkaya kemampuan. 

4. Jasa Penerjemah

Penerjemah

Bila Anda menguasai bahasa asing, tidak ada salahnya menggunakan kemampuan tersebut untuk membuka jasa penerjemah. Jasa penerjemah terbagi menjadi dua golongan yakni profesional dan pemula.

Untuk pemula, Anda akan dibayar Rp 50/ kata. Sehingga Anda menerjemahkan tulisan 10 lembar sehari, dengan panjang per lembar 500 kata, Anda akan mengantongi uang hingga Rp 250 ribuan per hari. 

5. Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis

Bila Anda memiliki keahlian di bidang desain grafis, ini menjadi peluang yang besar dan menggiurkan untuk dicoba.

Saat ini banyak orang yang memerlukan jasa desain grafis untuk membuat pamflet, poster, banner dan berbagai kebutuhan grafis lain.

Jangan salah, meskipun hanya berbekal kemampuan diri, bisnis ini dapat memperoleh pendapatan yang tinggi.

Namun, Anda harus benar-benar memiliki kemampuan untuk membuat desain, bila Anda masih memiliki kemampuan dasar, tak ada salahnya terus berlatih untuk membuat desain dan memperdalam keahlian.

6. Admin Media Sosial

Admin Media Sosial

Saat ini, mempergunakan media sosial sudah semakin banyak. bahkan, satu orang dapat memiliki lebih dari sebuah akun medsos.

Tak hanya untuk pribadi, media sosial juga dijadikan sebagai sarana bisnis. Biasanya, pebisnis online lebih memilih menggunakan jasa admin media sosial untuk mengurus media sosial yang dimilikinya.

Di sinilah Anda bisa mengambil kesempatan tersebut. Biasanya, pekerjaan yang dilakukan oleh jasa admin media sosial seperti berkomunikasi dengan pengikut, membantu mencari pengikut, membuat konten yang menarik, dan meningkatkan traffic website.

Bagaimana dengan pendapatannya? Tentu saja bisnis ini memberikan hasil yang sangat lumayan, bahkan dapat mencapai Rp 2 jutaan untuk 1 klien.

Bayangkan jika Anda menangani 20 klien dan mempekerjakan 5 orang, sudah terbayang penghasilan yang akan Anda peroleh?

7. Survei Berbayar

Survei Berbayar

Tahukah Anda sekarang ini mengisi survei juga akan dibayar sejumlah uang. Pendapatannya bergantung dari jumlah survei yang Anda isi, semakin banyak survei, akan semakin besar pendapatan Anda. 

Berikut ini beberapa situs survey online Indonesia yang bisa bayar kamu pake dollar :

  • ViewFruit
  • YouGov
  • Opinion World
  • Clixsense
  • Global Test Market
Baca Juga :  Usaha Konveksi

8. Vlogger / Youtuber

Vlogger

Saat ini ada begitu banyak vlogger yang mulai muncul. Entah vlogger dewasa atau pun anak-anak. Mereka pun mengusung tema yang berbeda, seperti traveling, vlog pribadi, kuliner, kecantikan dan yang lainnya.

Hal ini sudah pasti bisa dilihat sebagai peluang bisnis yang menggiurkan.

Untuk mulai menjalankan usaha online tanpa modal ini, Anda tak perlu mengeluarkan modal.

Untuk masalah kamera, tak perlu membeli kamera baru, Anda bisa menggunakan kamera ponsel.

Tingkatkan kepercayaan diri, kreativitas serta keterampilan saat membuat vlog. Beri kualitas vlog yang bagus. 

Jika semakin menarik video yang Anda buat, penonton pun akan menjadi semakin bertambah, sehingga video yang Anda unggah akan menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tak sedikit.

Bagaimana dengan tema vlog? Untuk masalah tema, sebisa mungkin cari tema yang jarang diusung namun banyak orang yang penasaran dengan tema tersebut.

9. Menjual Produk Digital

Menjual Produk Digital

Bisnis online lain yang dapat Anda pilih ialah menjual produk digital. Untuk membuat sebuah produk digital, Anda dapat merangkai kalimat serta membuat sebuah visualisasi yang baik serta semenarik mungkin.

Untuk mempromosikannya, Anda dapat membuat website atau blog. Bisnis ini mempunyai potensi yang begitu besar, sehingga Anda dapat memperoleh penghasilan yang cukup tinggi. 

Lantas, apa saja produk yang bisa dibuat? Anda dapat membuat produk digital seperti e-book yang berisi tips trik atau pun tutorial.

Biasanya, pelanggan yang membeli produk ini ialah pelaku bisnis online yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Buat produk digital sesuai dengan ilmu yang Anda kuasai, sehingga isi dari produk digital tersebut berbobot dan bermanfaat.

10. Jasa Pembuat Tutorial

Jasa Pembuat Tutorial

Mencari ilmu dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun, bahkan melalui berbagai macam media. Sekarang ini orang berlomba-lomba membuat konten tutorial dalam bentuk video. Konten ini berisi ilmu yang banyak diminati.

Usaha online tanpa modal ini sangat menguntungkan karena memiliki pasar yang luas dan masih jarang pesaing.

Namun, usaha ini memerlukan wawasan yang luas serta Anda harus sabar belajar membuat video tutorial yang menarik. Karena, membuat video tutorial bukan hal yang mudah. 

11. Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Website

Sekarang ini website menjadi sebuah hal penting di dalam perusahaan.

Hal tersebut disebabkan karena website dapat menjadi media presentasi perusahaan serta memperkenalkan produk yang dimiliki perusahaan pada masyarakat luas, seperti calon konsumen.

Dengan begitu vitalnya fungsi website ini, tampilan website pun menjadi bahan pertimbangan.

Tampilan web yang profesional akan menjadi nilai tambahan perusahaan, sehingga calon konsumen bisa menjadi semakin percaya dengan perusahaan.

Celah ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang mempunyai pendapatan cukup besar. Namun hal ini dapat dilakukan jika Anda memang memiliki keahlian di bidang pembuatan website.

Anda dapat memulai bisnis ini dengan membuat web pribadi berisi jasa pembuatan web yang Anda tawarkan atau menggunakan website penyedia jasa untuk mempromosikan bisnis Anda. 

12. Blogger

Blogger

Apakah Anda memiliki sejumlah blog yang ramai pengunjung? Jika demikian, mengapa tidak menjadikannya sebagai sebuah ladang bisnis?

Blog yang sudah memiliki banyak pengunjung bisa Anda pasang space iklan, sehingga jika terdapat produk yang ingin berpromosi, Anda bisa mematok sejumlah harga sesuai dengan besarnya space.

Blog yang Anda miliki juga bisa di daftarkan ke Google Adsense.

Memulai sebuah bisnis online adalah pilihan yang tepat untuk menambah pundi-pundi tabungan.

Namun, Anda juga harus jeli dalam mempersiapkan bisnis ini. Jangan sampai hanya karena ini merupakan usaha online tanpa modal, Anda jadi setengah-setengah dalam menjalankannya.

Lakukan seluruh persiapan dengan baik sehingga bisnis bisa terus berjalan.

Leave a Reply