131

Peluang Usaha Sampingan

Pernahkah Anda mengeluh ketika akhir bulan keuangan selalu kurang atau minus ?

Bukan hanya sekali bahkan selalu terjadi padahal pengeluaran telah dikontrol sedemikian rupa.

Gaji satu bulan sebagai karyawan nyatanya masih kurang untuk memenuhi kebutuhan.

Jika demikian, maka menjadi pertanda bahwa Anda telah membutuhkan usaha sampingan di sela waktu luang untuk menambah penghasilan tanpa mengganggu pekerjaan utama. Bahkan dijamin menguntungkan.

Adakah usaha yang demikian untuk menambah penghasilan? Tentu saja ada, berikut ini daftar usaha yang bisa Anda coba :

1. Jasa Titip 

Jasa Titip 

Fenomena banyaknya orang yang menyukai barang branded keluaran luar negeri, tapi terhalang kesibukan untuk membelinya, dapat Anda jadikan peluang sebagai usaha sampingan yang cukup menggiurkan.

Untuk melakukan pekerjaan ini, memang mengharuskan Anda untuk terbang ke luar negeri mendapatkan barang yang diinginkan.

Bukan hanya itu, Anda pun harus selalu up date barang branded luar terbaru. Kendala pekerjaan ini adalah karena mendatangkan barang dari luar, maka Anda harus paham tentang pajak dan proses pengurusannya.

Namun, usaha titip beli tidak harus selalu untuk barang dari luar negeri. Untuk produk dalam negeri pun dapat Anda coba. Keuntungannya pun tak kalah menggiurkan.

2. Jual Beli Motor Bekas

Jual Beli Motor Bekas

Menjual motor bekas juga bisa Anda jadikan peluang yang menarik. Kebutuhan yang tinggi  terhadap motor sedangkan banyak yang tidak mampu untuk membeli yang baru adalah kesempatan emas untuk Anda.

Anda bisa membeli motor bekas harga terjangkau dengan kondisi bagus untuk selanjutnya menjualnya kembali pada orang lain yang membutuhkan motor tersebut.

Karena banyak yang membutuhkan otomatis perputaran usaha ini akan cepat dan mudah mendapatkan keuntungan.

Namun, terjun dalam usaha ini Anda harus paham tentang dunia motor. Sebab jika tidak, Anda akan mudah ditipu orang lain.

3. Usaha Warung Kopi 

Usaha Warung Kopi 

Yang menjadi tren saat ini adalah membuka warung kopi di tempat strategis dengan dilengkapi wifi. Kegemaran masyarakat Indonesia minum kopi sambil nongkrong menjadi alasan banyaknya warung kopi yang berdiri saat ini.

Lebih lengkap dan akan semakin ramai pengunjung jika dilengkapi fasilitas wifi untuk berselancar di dunia internet.

Meskipun hanya usaha sampingan yang dijalankan saat malam hari saja, tapi omzet usaha ini sungguh menggiurkan.

Dalam satu malam saja bisa menghasilkan ratusan ribu hanya dari menjual kopi. Cukup menggiurkan bukan.

Kekurangan usaha ini, Anda harus lebih banyak berinovasi agar tidak kalah saing dengan kompetitor. Misalnya melaksanakan nobar pada saat momen tertentu. Piala dunia misalnya. Pasti akan lebih ramai.

4. Usaha Kue Kekinian

Usaha Sampingan untuk Karyawan

Tetap ingin menjadi karyawan, tapi ingin menghasilkan uang tambahan, usaha yang satu ini bisa Anda coba.

Tidak harus mempunyai bakat atau kemampuan untuk membuat kue sendiri apabila Anda ingin menekuninya.

Anda bisa mengambil aneka jenis kue dari orang lain dan menjualnya kembali.

Modal untuk memulai usaha ini tidaklah besar. Anda bisa memanfaatkan teras depan rumah untuk menjual aneka kue tersebut.

Akan tetapi, karena kue biasanya tidak bertahan lama, sebaiknya Anda menjual kue yang biasanya paling banyak disukai agar penjualannya cepat.

Bisnis ini merupakan usaha rumahan yang sangat menguntungkan.

5. Jasa Pembuatan Blog/Website

Usaha Sampingan yang Menjanjikan

Mempunyai blog atau website saat ini seakan menjadi sebuah kebutuhan. Untuk menunjang kegiatan jual beli online atau ingin menyalurkan bakat menulis.

Namun, tidak semua orang bisa membuat blog atau website sendiri karena langkah dan prosesnya yang rumit. Sedangkan mereka ingin sesuatu yang praktis.

Nah, kasus yang seperti ini dapat Anda jadikan peluang emas untuk mendulang banyak keuntungan. Tentu bagi Anda yang piawai dan ahli dalam membuat keduanya.

Fee untuk pembuatan blog atau web tidaklah murah. Dari pembuatan satu blog saja Anda bisa mendapat keuntungan ratusan ribu.

6. Bisnis Online Shop

Usaha Sampingan yang Menguntungkan

Usaha yang jadi tren selanjutnya adalah membuka toko online. Umumnya yang paling banyak menjalankan usaha ini adalah Ibu rumah tangga.

Akan tetapi kini mahasiswa atau bahkan karyawan banyak yang menjalani usaha sampingan yang satu ini.

Membuka toko online lebih fleksibel dan dapat dilakukan disela-sela waktu bekerja atau saat selesai melakukan rutinitas.

Bisa dilakukan dimana pun dan keuntungannya pun menggiurkan jika dilakukan dengan konsisten dan serius.

Kekurangan usaha ini adalah sebagai usaha yang berbasis online, maka Anda harus paham tentang bagaimana cara pemasaran online yang dapat menarik banyak pengunjung untuk datang ke toko online milik Anda.

7. Penulis Artikel Berbayar

Peluang Usaha Sampingan

Menjadi penulis konten atau artikel berbayar adalah usaha selanjutnya yang mulai banyak dilirik. Bahkan kini telah jadi profesi yang menjanjikan.

Kebutuhan akan konten artikel yang tinggi di media online menyebabkan muncul penulis konten dari berbagai kalangan. 

Tidak hanya mahasiswa atau karyawan yang jadi penulis artikel, kini Ibu rumah tangga yang punya hobi menulis pun banyak yang menekuni profesi ini.

Bisa dikerjakan di rumah dan tidak menyita banyak waktu menjadi alasan semakin banyak yang menekuninya.

Namun, untuk menjadi penulis artikel yang baik dan profesional Anda harus paham tentang trend saat ini dan tahu bagaimana teknik menulis artikel yang bagus dan menarik perhatian.

Jasa penulis insyaAllah kedepannya akan menjadi usaha yang menjanjikan.

8. Buzzer

Peluang Usaha Sampingan

Ada beberapa kasus dimana terdapat penjual online yang tidak memiliki kemampuan baik untuk melakukan promosi produknya.

Promosi yang dilakukan tidak dapat menarik perhatian banyak orang. Untuk kasus yang seperti ini, agar toko online tetap laris meskipun tidak pandai melakukan promosi, bisa memanfaatkan jasa buzzer.

Usaha yang satu ini juga bisa Anda coba apabila Anda memiliki kemampuan dan piawai dalam melakukan promosi sebuah produk secara online.

Terbukti kini semakin banyak orang yang mendalami pekerjaan yang satu ini. Hanya bermodal kecakapan promosi, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan.

9. Blogger

Blogger

Menjadi seorang blogger adalah usaha lain yang bisa Anda coba jika memiliki ketertarikan dengan dunia ini. saat ini menjadi seorang blogger sedang ramai peminat. Sebabnya banyak keuntungan yang akan didapat. 

Blogger kini banyak dicari oleh para pemilik instansi atau usaha yang ingin mempromosikan usahanya tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Dengan memanfaatkan kemampuan para blogger dalam mengolah kata dan review lebih banyak disukai, dari pada memanfaatkan jasa orang berpengaruh.

Apalagi jika blogger tersebut memiliki pengikut dan pembaca yang banyak akan semakin menaikkan promosi yang dilakukan.

10. Selebgram

Selebgram

Mempunyai media sosial aktif dan punya pengikut banyak adalah keuntungan tersendiri bagi Anda. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan suatu produk. 

Istilah bekennya adalah endorse untuk produk yang tengah di-launching.

Fenomena endorse ini kemudian memunculkan istilah selebgram, yaitu seleb yang terkenal di dunia instagram meski bukan dari kalangan artis.

Selebgram tidak harus selalu melakukan endorse suatu produk. Seseorang yang dapat menjadi influencer bagi orang lain pun dapat dikatakan sebagai selebgram.

Keuntungan usaha sampingan ini adalah bisa dilakukan dengan santai, materi berlimpah hingga jadi terkenal.

Kekurangannya adalah agar yang melihat tidak bosan dan semakin banyak pengikut, Anda harus dapat mencari tempat dan suasana spot yang bagus untuk melakukan pemotretan.

11. Usaha Fashion

Usaha Fashion

Usaha fashion adalah salah satu usaha yang tidak ada matinya selain usaha kuliner. Setiap waktu akan banyak orang yang membutuhkan fashion.

Oleh sebab itu semakin banyak ditemui orang yang menekuni dunia yang satu ini.

Anda pun bisa mencoba usaha sampingan yang terbukti menjamin datangnya banyak keuntungan. Akan lebih bagus jika Anda mempunyai kemampuan sendiri dalam mendesain pakaian.

Kelebihan usaha ini adalah selain dari segi keuntungan, usaha ini akan terus berjalan karena banyak yang butuh.

Akan tetapi kekurangannya, karena fashion selalu berganti maka Anda pun harus selalu up to date model seperti apakah yang sedang diminati saat ini.

12. Reseller Produk

Reseller Produk

Tidak ingin repot mendirikan usaha sendiri dan terbatas dalam hal modal, Anda bisa memulai usaha dengan menjadi menjadi reseller berbagai produk.

Umumnya para mahasiswa yang banyak melakukan usaha ini untuk mencari uang tambahan. Namun, kini semakin banyak kalangan yang melakoni usaha ini.

Menjadi reseller lebih mudah, karena Anda tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu. Anda tinggal promosi dan orang akan datang membeli produk yang Anda tawarkan.

Kekurangan usaha ini adalah, karena tidak semua suplier amanah dan bertanggungjawab, maka Anda harus pandai memilih suplier yang tidak akan merugikan Anda dan pembeli utamanya.

13. Makelar Property

Makelar Property

Usaha property beberapa tahun ini sedang booming dan menjadi usaha yang paling menjanjikan sebab kebutuhan properti semakin tinggi.

Terutama untuk hunian perumahan minimalis atau apartemen. Anda bisa menekuni bisnis sampingan sebagai makelar property mengingat peluang usaha ini sangat tinggi.

Untuk menjadi makelar dalam usaha yang satu ini Anda harus mempunyai informasi dan pengetahuan yang dalam tentang dunia property.

Utamanya soal harga, fasilitas dan keadaan lokasi dimana property tersebut berada. Keuntungan menjalani usaha ini adalah dapat meningkatkan kondisi finansial sebab fee usaha ini biasanya cukup tinggi.

Makelar properti merupakan salah satu usaha modal kecil atau bahkan bisa tanpa modal. Tapi keuntungannya besar lho.

14. Waralaba Makanan dan Minuman

Waralaba Makanan dan Minuman

Usaha ini dapat menjadi pilihan selanjutnya jika ingin menjalani usaha lain selain menjadi karyawan.

Untuk memulai usaha makanan dan minuman, Anda bisa mencoba peruntungan dalam usaha waralaba yang sedang tren saat ini. pilihan usaha beragam.

Mulai dari minuman dingin, hangat, makanan ringan hingga makanan berat yang jika dihitung keuntungannya sangatlah lumayan.

Kelebihan menjalankan usaha ini adalah Anda tidak harus menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan.

Sebab biasanya pemilik waralaba akan memberikan beberapa pilihan paket yang dapat Anda pilih sesuai dengan modal yang dimiliki.

Kekurangannya, Anda harus pandai melakukan promosi dan mencari tempat strategis.

Karena meskipun nama waralabanya telah terkenal tidak menjadi jaminan akan selalu ramai jika tidak diimbangi dengan promosi yang bagus.

15. Jasa Penerjemah 

Jasa Penerjemah 

Menjadi penerjemah bisa Anda lakukan sebagai pekerjaan sampingan apabila mempunyai kemampuan menerjemahkan beberapa bahasa.

Kemampuan bernilai plus ini ternyata dapat menjadi lahan yang menguntungkan. Terlebih jika menguasai banyak bahasa asing.

Banyaknya buku luar yang masuk, pastinya butuh untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Dan ini adalah kesempatan yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan rupiah sebagai tambahan.

Kekurangan usaha ini adalah memaksa Anda untuk membaca banyak buku agar pengetahuan dan kemampuan bahasa Anda dapat menunjang proses penerjemahan.

16. Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis

Hampir sama dengan pembuatan konten artikel yang bisa dijadikan sebagai pekerjaan freelance, usaha freelance menjadi desainer grafis sedang tren saat ini.

Pekerjaan ini membutuhkan keahlian dalam menggambar, edit foto, dan penguasaan software sebagai penunjang.

Desain grafis banyak dibutuhkan untuk keperluan website yang membutuhkan penampilan cantik dalam halamannya.

Sebagai pekerjaan sampingan, desainer grafis bisa meraup keuntungan yang sangat banyak sebab fee jasa ini tidaklah murah.

Sedangkan kekurangannya sebagai pekerjaan yang akan selalu berhubungan dengan komputer, maka Anda harus selalu memperhatikan kesehatan, utamanya mata Anda.

17. Kursus Online

Kursus Online

Kemajuan bidang teknologi digital berimbas juga dengan munculnya kursus online untuk mendukung kemampuan.

Misalnya kursus online tentang pembuatan blog, pembuatan konten artikel, kursus manajemen toko online dan masih banyak lagi.

Keuntungannya, apabila Anda mempunyai keahlian dalam bidang tertentu seperti blog atau pengelolaan toko online, bisa membuka kursus online atau menjadi mentor online.

Meskipun hanya disampaikan secara online, fee dari pekerjaan freelance ini nyatanya sangat menguntungkan, lho.

Namun, kekurangannya Anda harus selalu membuat inovasi membuat konten atau iklan yang menarik untuk memancing peminat.

Mengingat usaha yang serupa juga banyak sekali di luaran sana.

18. Catering Harian

Bisnis Sampingan yang Menjanjikan

Kebutuhan akan makan tidak akan pernah ada habisnya. Terbukti dengan semakin banyak bermunculan bisnis kuliner.

Anda pun bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan membuat catering harian berbagai menu sehat yang sekarang banyak digemari.

Pangsa pasar usaha ini sangatlah luas. Bukan hanya orang rumahan saja yang membutuhkan catering harian, pegawai kantoran atau bahkan mahasiswa yang tidak sempat memasak pun sangat membutuhkan jasa catering ini.

Dari segi keuntungan, usaha ini terbilang menjanjikan dan menguntungkan. Akan tetapi, karena usaha kuliner selalu banyak kompetitor, maka Anda harus mempunyai keunikan tersendiri sehingga pelanggan akan selalu datang.

19. Ojek Online

Ojek Online

Pernah memanfaatkan jasa Gojek yang sedang marak pada saat ini ?

Sekilas jika dilihat usaha jasa ini sangat mudah dilakukan karena hanya membutuhkan sepeda motor dan perlengkapan safety serta kemampuan menghafal jalan dan sudut kota.

Saat ini kebanyakan orang lebih nyaman memakai fasilitas ojek dari pada harus menggunakan sarana transportasi umum yang lainnya.

Selain lebih cepat, harganya pun tetap terjangkau. Ini bisa jadi peluang menguntungkan bagi Anda.

Akan tetapi, risiko pekerjaan ini sangat tinggi karena harus sering berada di jalanan yang penuh dengan bahaya, Anda pun harus hati-hati dengan tindakan kriminal atau penipuan yang sering dialami oleh pengemudi ojek.

20. Jual Pulsa

Usaha Jual Pulsa

Ingin membuka usaha yang ringan, tapi menguntungkan, jualan pulsa dapat dijadikan solusi yang menarik.

Kebutuhan orang akan pulsa yang semakin tinggi, adalah peluang emas yang harus Anda manfaatkan. Modal untuk memulai usaha ini sangatlah minim.

Hanya berbekal HP dan saldo minimal Rp. 100.000 saja Anda sudah bisa berjualan pulsa. Jika ingin lebih besar, Anda bisa membuka konter kecil-kecilan di rumah Anda.

Kekurangan usaha ini adalah rawan hutang yang dilakukan pembeli yang berasal dari orang dekat. Akibatnya modal Anda tidak bisa berputar dan keuntungan sulit diraih. Jadi Anda harus tegas apabila usaha ini tetap ingin berjalan.

Demikian ulasan daftar usaha sampingan berpeluang emas dan menguntungkan yang bisa Anda coba. Cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun dan dimana pun. Selamat mencoba.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply