78

Peluang Usaha untuk Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa, Anda harus dituntut lebih kreatif agar lebih mandiri serta tidak mengandalkan kiriman orang tua.

Pasti pernah terbesit di pikiran Anda, bagaimana cara membuka usaha sampingan untuk menambah uang jajan, namun bisa tetap berkuliah.

Berbekal dengan kreativitas serta jeli melihat peluang sebenarnya ada begitu banyak usaha untuk mahasiswa yang sayang dilewatkan. 

Masa Kuliah, Waktu yang Tepat Memulai Bisnis

Sebenarnya, masa kuliah menjadi waktu yang tepat untuk memulai bisnis, karena setelah melewati masa ini, mahasiswa akan menghadapi tantangan di dunia kerja sehingga harus lebih baik mempersiapkan diri dari awal.

Bisnis untuk mahasiswa tak hanya sebagai penambah uang saku, namun juga dijadikan sebagai pengalaman yang berharga bahkan pilihan sesudah lulus kuliah.

Dengan menjalankan bisnis, mahasiswa tidak akan dipusingkan dengan urusan keuangan sebelum lulus serta tidak pusing mencari pekerjaan sesudah lulus.

Namun, apa bisnis yang harus dijalankan?

Berikut beberapa pilihan usaha untuk mahasiswa yang menjanjikan, antara lain:

1. Usaha Barbershop

Bisnis Barbershop

Bagi Anda yang memiliki kemampuan memotong rambut, sepertinya tidak ada masalah jika ingin menjalankan bisnis babershop.

Usaha barbershop bisa mendatangkan keuntungan berlipat. Selain itu, sekarang ini belum banyak babershop profesional dan kekinian untuk anak muda.

Mengapa Anda tidak membuka terobosan tersebut?

2. Usaha Warung Kopi / Cafe

Usaha Warung Kopi

Bagi mahasiswa, mencari tempat warung kopi yang asyik diajak untuk nongkrong bisa dikatakan cukup sulit.

Jadi, mengapa Anda tidak mencoba membuka bisnis ini?

Bisnis warung kopi dengan sajian kopi kekinian sesuai dengan minat anak muda.

Usaha warung kopi bisa menghasilkan keuntungan yang besar, apalagi jika Anda dapat buka selama 24 jam, dengan menawarkan harga terjangkau. 

3. Bisnis Pulsa Elektrik

Bisnis Pulsa Elektrik

Jika ingin membuka bisnis dengan modal usaha yang tidak begitu besar, bisnis pulsa elektrik dapat dijadikan sebagai pilihan.

Tak hanya mudah untuk dilakukan, bisnis ini mampu menghasilkan keuntungan yang besar jika dikelola secara maksimal.

Sekali penjualan, keuntungan yang bisa Anda kantongi hingga Rp 1500. Bayangkan, jika dalam sehari ada 50 orang yang membutuhkan kiriman pulsa Anda. 

Namun, risiko dari bisnis ini adalah, Anda harus siap jika ada orang yang berhutang seperti kenalan teman, atau orang di kelas lain.

Oleh sebab itu sebelum memulai bisnis ini, lebih baik perhitungkan kemungkinan tersebut terlebih dulu. 

4. Usaha Makanan Kecil

Bisnis Makanan Kecil

Bila kantin kampus Anda memiliki jarak yang jauh dari ruang kuliah, salah satu bisnis yang menggiurkan untuk dijalankan adalah berjualan makanan kecil.

Bisnis ini muncul ketika pergantian mata kuliah atau pun waktu jeda yang singkat. Momen ini bisa menjadi peluang yang menggiurkan.

Makanan kecil seperti snack serta air mineral diperlukan untuk mengganjal perut.

Untuk pilihan makanan, Anda bisa menjual mie bungkus, nasi bungkus, snack ringan, gorengan, air mineral dan yang lainnya.

Karena diperuntukkan untuk mahasiswa, pastikan membanderol dengan harga yang terjangkau.

Selain itu perhitungkan modal yang dibutuhkan dengan baik. Anda bisa mengambil makanan dari orang lain kemudian menjualkannya kembali atau membuat makanan tersebut dari rumah. 

Risiko dari bisnis berjualan makanan kecil ini ialah dihutangi oleh teman-teman.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan pengertian bila Anda juga membutuhkan modal untuk berjualan kembali di keesokan harinya.

Selain itu jika memang memberikan fasilitas berhutang, pastikan keesokan harinya mereka akan membayar. 

5. Jasa Les Private

Jasa Les Private

Hingga sekarang, ada saja mahasiswa yang memerlukan bantuan orang lain yang menguasai mata kuliah tertentu untuk menaikkan IP mereka.

Ini menjadi peluang yang dapat Anda manfaatkan untuk menciptakan sebuah peluang. Bisnis ini bisa dilakukan bersama dengan orang lain atau diri sendiri.

Dalam menjalankan bisnis ini, lebih baik jangan hanya terbatas di bidang akademis, namun bisa dikembangkan di bidang non akademis.

Pengembangan di bidang non akademis ini seperti les bermain gitar, mengemudi mobil, renang dan yang lainnya.

Hal yang paling penting adalah Anda menguasai apa yang akan Anda ajarkan dengan baik, selain itu buat suasana yang nyaman dengan klien Anda.

Ketika menjalankan bisnis ini, juga dibutuhkan kesabaran ekstra, karena Anda akan mengajari teman-teman yang mungkin kurang memahami sebuah materi kuliah.

6. Blogger / Online Shop

Blogger / Bisnis Online

Bagi Anda yang sekarang ini berada di jurusan TI, usaha untuk mahasiswa yang bisa dijadikan pilihan salah satunya ialah bisnis online programmer web serta blogger.

Bisnis ini sangat cocok dengan mata kuliah yang Anda geluti. Anda bisa membuat situs blog atau website yang nantinya akan menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Ada berbagai macam cara monetize blog contohnya seperti memasang iklan, menjual produk dari blog tersebut hingga PPC.

Bila blog banyak dikunjungi serta memperoleh tempat di hati pembaca, Anda bisa menawarkannya pada perusahaan yang mempunyai relevansi dengan konten yang berada di dalam blog Anda untuk beriklan di halaman pertama.

Dengan demikian, perusahaan ini akan lebih dikenal pembaca.

Bila tidak memiliki waktu untuk merawat blog Anda, mengapa tidak sekedar membuka jasa pembuatan blog, atau website toko online saja?

Sekarang ini banyak mahasiswa yang ingin mencoba berjualan secara online, mereka yang memiliki modal lebih biasanya akan mencari jasa pembuatan toko online.

Anda bisa menawarkan kemampuan Anda ini. Berikan portofolio website yang sudah pernah Anda buat, sehingga nantinya mereka menjadi lebih yakin.

Untuk masalah harga, Anda bisa menyesuaikan harga dengan beban atau tingkat kesulitan yang mungkin akan dihadapi ketika membuat website tersebut.

Berikan paket-paket yang murah untuk mereka. Sehingga bisnis ini bisa lebih laris manis. 

7. Bisnis Jual Beli Buku Bekas

Bisnis Jual Beli Buku Bekas

Mahasiswa sudah tentu memerlukan buku akademik untuk menunjang kegiatan perkuliahan mereka. Hal ini menjadi peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan.

Anda bisa menyewakan buku lama, ke adik tingkat dengan harga yang murah. Dengan demikian Anda bisa tetap memiliki buku tersebut namun mendapatkan penghasilan.

Selain menyewakan buku, Anda bisa menjual buku bekas. Dibandingkan dengan membeli buku baru, biasanya mahasiswa lebih memilih membeli buku bekas dengan kualitas yang masih bagus.

Buku bekas yang layak digunakan bisa Anda beli dengan harga murah, kemudian Anda tawarkan ke teman atau adik tingkat dengan harga yang lebih tinggi. 

Meskipun menjadi bisnis yang menggiurkan, namun usaha ini membutuhkan tingkat ketekunan, ketelitian dan modal yang cukup tinggi.

Karena, Anda harus membeli buku-buku bekas tersebut, setelah Anda sudah membeli buku-buku tersebut, Anda harus membersihkan buku-buku dari debu kemudian mengecek apakah semua halaman masih lengkap dan buku bisa terbaca dengan baik.

Jangan sampai Anda membeli buku dengan halaman yang tidak lengkap. 

8. Bisnis Jasa Tour And Travel

Bisnis Jasa Tour And Travel

Biasanya, mahasiswa gemar melakukan wisata alam. Ketika merencanakan perjalanan wisata mereka, mereka akan mencari jasa tour and travel agar perjalanan menjadi semakin mudah dan praktis.

Tempat wisata yang dituju pun bisa dalam dan luar negeri. Bisnis ini akan memberi keuntungan ganda, karena Anda akan memperoleh keuntungan berupa uang, namun Anda juga akan bisa merasakan berwisata ke luar negeri.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan cara mengumpulkan mahasiswa yang ingin berlibur.

Setelah cukup besar, Anda bisa mengembangkan bisnis ini untuk tour orang umum.

Anda juga bisa membuka bisnis penyewaan yang berhubungan dengan tour and travel seperti menjadi makelar persewaan bus pariwisata, maupun menyewakan alat-alat kemping. 

9. Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Bisnis berikutnya adalah memiliki kaitan dengan hobi yakni yakni merawat hewan peliharaan.

Banyak orang yang mempunyai hewan peliharaan namun tidak memiliki waktu untuk sekedar merawatnya.

Bisnis ini cocok dijalankan bagi Anda yang memiliki area rumah luas, karena nantinya akan ada banyak hewan yang akan ditangani.

Namun, bisnis ini tidak bisa dijalankan sendirian, lebih baik berdayakan karyawan untuk membangun bisnis yang semakin besar.

Sebenarnya, selain sekedar melakukan perawatan, Anda juga bisa membuka bisnis penitipan hewan. Bisnis ini biasanya laris manis saat lebaran atau musim liburan.

Biasanya, ketika lebaran, si pemilik tidak akan membawa hewan peliharaannya sehingga agar bisa dirawat dengan baik, hewan tersebut akan dititipkan ke penitipan hewan.

10. Jual Beli Barang Elektronik Bekas

Jual Beli Barang Elektronik Bekas

Usaha untuk mahasiswa yang berikutnya adalah berjualan barang bekas.

Bisnis ini biasanya banyak diremehkan, padahal bisa berubah menjadi hal yang begitu berarti bila dijual pada orang-orang yang memerlukannya.

Anda bisa menawarkan jasa jual beli barang bekas ini pada teman Anda.

Bisnis ini semakin menggiurkan jika Anda memiliki keahlian untuk mereparasi elektronik.

Caranya dengan membeli elektronik bekas yang sudah rusak, kemudian memperbaikinya sendiri di rumah.

Nantinya, laba yang bisa Anda dapatkan mulai dari puluhan hingga ratusan ribu.

Bisnis ini sangat mudah dilakukan, selain itu banyak orang yang lebih memilih membeli barang bekas berkualitas dibandingkan dengan barang yang masih baru namun kualitas abal-abal. 

11. Bisnis Kaos

Bisnis Kaos

Untuk memulai bisnis berjualan kaos, Anda harus memiliki hubungan baik dengan tempat sablon atau pun tempat konveksi, kemudian buat desain kaos yang keren untuk dijual.

Gali seluruh kreativitas Anda, karena semakin keren kaos tersebut, nantinya akan semakin banyak pula orang yang tertarik untuk melakukan pembelian, jangan lupa buat desain yang menarik dengan kata-kata lucu.

Selain membuat desain kaos sendiri, Anda juga bisa menjadi perantara jasa sablon kaos.

Biasanya, di kampus-kampus banyak membutuhkan jasa ini untuk berbagai macam kegiatan.

Anda hanya tinggal membeli kaos dari konveksi, kemudian mencari jasa sablon yang memiliki harga miring.

12. Penulis Freelance

Penulis Freelance

Memiliki kemampuan menyampaikan ide dalam bentuk tulisan?

Mengapa tidak membuka jasa penulis?

Bisnis ini mudah dikerjakan dan tanpa modal apapun, karena Anda hanya memerlukan kemampuan menulis, imajinasi dan kreativitas.

Selain itu bisnis ini dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun tanpa terikat waktu. Bentuk tulisan yang bisa Anda buat pun bervariasi, contohnya artikel berbagai macam topik hingga artikel SEO.

Bisnis-bisnis di atas dapat berkembang bila dikelola dengan terkonsep, baik dan maksimal.

Pasti akan sangat luar biasa jika sekarang ini Anda belum lulus kuliah namun sudah memiliki bisnis.

Jadi, masih berpikir ulang mencoba usaha untuk mahasiswa di atas? 

Baca Juga :  Usaha Percetakan

Show Comments

Leave a Reply