632

Peluang Usaha Modal 5 Juta

Mempunyai berbagai macam kebutuhan yang harus dipenuhi biasanya menjadi alasan seseorang menjalankan bisnis baru.

Berbagai macam kesibukan serta terbatasnya waktu menjadi penghalang untuk bekerja di bidang tertentu. Bila sudah terjadi seperti ini, bisnis hal yang harus dipilih.

Namun, menjalankan bisnis tak semudah yang dibayangkan, karena jumlah pesaing yang berada di luar sana begitu besar. Tak hanya itu, modal pun juga menjadi bahan pertimbangan.

Sebenarnya, modal bukan menjadi masalah utama karena ada saja usaha modal 5 juta yang bisa Anda jalankan. 

Cara Gampang Mencari Modal Usaha

Ketika memutuskan untuk membangun bisnis sendiri, hal yang pasti dipikirkan adalah modal usaha yang cukup.

Modal memang menjadi faktor penting saat ingin membuka usaha sendiri, bila tidak memiliki modal sepertinya bisnis menjadi rencana yang sulit untuk diraih.

Mencari modal usaha sebenarnya bukan menjadi hal yang sulit. Ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari modal usaha, seperti:

  • Pinjaman Bank

Bank menjadi tempat pertama yang sering dituju ketika seseorang memerlukan modal usaha. Ada begitu banyak program dari bank yang bisa digunakan untuk menuliskan langkah bisnis.

Jika Anda memiliki agunan, Anda bisa mengambil KMG atau kredit multiguna, kredit ini mengharuskan Anda memberi sejumlah jaminan seperti kendaraan bermotor.

  • Kredit Tanpa Agunan

kredit ini biasanya memiliki bunga yang lebih besar namun menjadi produk yang sering dicari oleh calon pebisnis karena bisa cepat memperoleh modal tanpa perlu memberikan jaminan.

Untuk bunga KTA ini berada di angka 10 hingga 23 persen. Jika Anda mencari modal dengan menggunakan cara ini, usahakan mengambil tenor yang singkat.

  • Menggunakan Tabungan

Jika Anda tak ingin memiliki hutang di bank karena merasa bunga yang dimiliki terlalu tinggi, Anda dapat menjadikan tabungan sebagai modal usaha.

Cara ini cenderung lebih aman karena tak berisiko berhutang. 

  • Menjual Aset

. Bila Anda memiliki aset seperti kendaraan bermotor, barang elektronik atau pun emas, mengapa tak menjual atau menggadaikannya saja sebagai modal usaha?

Bila usaha yang Anda jalankan berhasil, Anda dapat membeli aset tersebut dengan jumlah yang lebih banyak. 

1. Bisnis Kerajinan Tangan

Peluang Usaha

Bagi Anda yang memiliki kreativitas tinggi serta tingkat kerajinan yang baik, Anda dapat mencoba bisnis membuat kerajinan tangan. Bisnis ini memerlukan ketekunan yang cukup besar.

Anda dapat membuat berbagai macam kerajinan tangan kemudian menjualnya untuk memperoleh sejumlah penghasilan. Sekarang ini mempromosikan serta menjual berbagai kerajinan tangan bukan menjadi sebuah hal yang sulit.

Cukup banyak kerajinan tangan yang dapat dibuat seperti lukisan, kotak unik hingga berbagai macam pernak-pernik untuk kamar tidur.

Semuanya dapat dilakukan dengan modal yang terbatas karena bisnis ini hanya memerlukan bahan baku yang sederhana dan mudah dijangkau.

2. Bisnis Souvenir

Bisnis Penjualan Souvenir

Hampir sama seperti bisnis kerajinan tangan, bisnis pembuatan souvenir ini juga membutuhkan tingkat kerajinan tersendiri.

Jika Anda tidak memiliki keahlian tersebut, Anda dapat mempekerjakan orang yang mumpuni di bidang ini. Sekarang ini bisnis souvenir cukup menggiurkan, selain itu dalam sekali pemesanan, Anda bisa mendapatkan untung dalam jumlah yang banyak.

Jika ingin lebih simpel, Anda tidak perlu membuat souvenir tersebut dan hanya tinggal membelinya melalui supplier. Di sini, Anda hanya perlu mengemas dan memberikan nama sesuai dengan nama pengantin. 

3. Bisnis Kaos Karakter

Bisnis Kaos Karakter

Apakah Anda memiliki kemampuan membuat desain yang menarik dan unik? Jika demikian, Anda bisa membuka bisnis kaos online.

Gunakan kemampuan yang Anda miliki untuk menghasilkan desain kaos yang menarik serta memiliki daya jual yang baik.

Anda tak perlu membuat kaos sendiri, Anda bisa memesan kaos polos di konveksi kemudian memajang karya Anda.

Selain menjual desain yang sudah Anda buat, Anda juga  bisa membuka jasa desain kaos. Dengan kualitas kain yang baik dan desain yang menarik, usaha modal 5 juta ini bisa menjadi bisnis yang menarik. 

4. Bisnis Barang Bekas (Second)

Usaha Modal 5 Juta

Usaha ini juga dapat dijadikan pilihan, meskipun dengan modal kecil beberapa waktu belakangan ini bisnis barang bekas memiliki banyak peminat.

Ada berbagai macam jenis barang bekas yang dapat diperdagangkan secara online. Anda dapat membeli dengan harga yang miring di pasaran serta menjualnya kembali dengan selisih harga jual beli.

Pilih barang yang memiliki pasar luas serta tak pernah sepi pembeli. Seperti :

  • Barang Elektronik
  • Gadget / Smartphone
  • Mobil
  • Motor
  • Furniture / Peralatan Rumah Tangga
  • Fashion
  • Kerajinan Tangan
Baca Juga :  Peluang Usaha Modal 10 Juta

Untuk menjual barang, Anda bisa menjualnya secara offline atau menggunakan situs jual beli online yang sekarang ini mudah digunakan.

Dengan demikian Anda hanya perlu menunggu panggilan dari pelanggan dan memperoleh keuntungan dari penjualan tersebut.

5. Usaha Warung Makan

Usaha Modal 5 Juta

Meskipun terlihat bisnis kecil-kecilan, namun jangan pernah menyepelekan bisnis ini, karena nyatanya usaha makanan merupakan bisnis yang mendatangkan banyak keuntungan.

Tetapi, untuk membuka bisnis ini, Anda harus memiliki keahlian memasak terlebih dahulu. 

6. Catering Rumahan

Catering Rumahan

Usaha modal 5 juta yang lainnya adalah bisnis catering. Dengan modal 5 juta, Anda dapat membuka bisnis ini.

Tak perlu langsung membuka usaha yang besar, bila Anda rajin dan ulet, usaha ini bisa berkembang dan menjadi bisnis menjanjikan.

Sekarang ini banyak orang yang tidak begitu suka memasak sendiri serta lebih memilih membeli makanan siap santap.

Inilah hal yang bisa dijadikan sebagai peluang untuk memperoleh keuntungan. Jika Anda tinggal di wilayah perkantoran maupun kampus, bisnis ini bisa menjadi usaha rumahan menguntungkan.

Anda dapat melakukan promosi dengan cara menyebar selebaran.

7. Usaha Tanaman Hias
Usaha Tanaman Hias

Tidak bisa dipungkiri bila belakangan ini permintaan konsumen pada tanaman hias menjadi semakin meningkat. Lebih-lebih Indonesia menjadi salah satu negara yang ikut menyerukan komitmen mengurangi perubahan iklim.

Tanaman dapat menjadi sumber oksigen di rumah. Anda bisa menggunakan pekarangan rumah untuk mengembangbiakkan tanaman hias.

Usaha modal 5 juta ini cukup mudah dijalankan, apalagi jika Anda memiliki hobi menanam tanaman atau berkebun, tentunya bisnis ini menjadi semakin mudah dijalankan.

Selain masih minim pesaing, usaha tanaman hias dengan pesatnya perkembangan media sosial, Anda juga bisa menjual tanaman hias tersebut melalui media sosial.

8. Usaha Laundry

Peluang Usaha Modal 5 Juta

Memiliki rumah yang dekat dengan kampus atau daerah perkantoran? Tak ada salahnya mencoba bisnis laundry kiloan.

Banyak orang yang memerlukan layanan ini, sehingga peluang usahanya menjadi semakin menjanjikan. Walaupun hanya memiliki modal 5 jutaan, Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

Anda bisa membeli mesin cuci dengan merek standar, sabun, pewangi dan setrika.

Untuk mempromosikan bisnis Anda, lakukan promosi di media sosial dan membagikan selebaran.

Berikan pelayanan yang mungkin tidak dimiliki oleh jasa laundry yang lain, sehingga semakin banyak orang yang tertarik menggunakan jasa Anda.

Untuk awal menjalankan bisnis, tak perlu menggunakan karyawan, Anda bisa melakukan semuanya sendiri terlebih dahulu. 

9. Les Privat Anak Sekolah

Les Privat Anak Sekolah

Memiliki kemampuan akademik yang baik? Mengapa tidak membuka jasa les privat anak sekolah? Anda bisa mempekerjakan orang untuk mengajar murid dan Anda ikut terjun langsung mengajari mereka.

Untuk langkah awal, Anda dapat menawarkan bisnis ini pada tetangga atau kerabat yang memerlukan jasa guru pengajar untuk les privat. 

Jika bisnis ini berkembang menjadi semakin besar, Anda bisa menyewa sebuah tempat khusus untuk kegiatan belajar mengajar.

Lantas, uang modal 5 juta akan digunakan untuk kebutuhan apa saja? Anda bisa menggunakan modal tersebut untuk membeli papan tulis, membeli buku pelajaran hingga meja agar anak-anak menjadi semakin nyaman belajar. 

10. Jasa Pembersih Karpet dan Kasur

Jasa Pembersih Karpet dan Kasur

Jasa pembersih karpet serta kasur sekarang ini semakin dibutuhkan. Apalagi untuk karpet, rasa-rasanya untuk membersihkan karpet sendiri membutuhkan energi yang besar. 

Ketika Anda membuka usaha modal  5 juta, miliki deskripsi yang jelas serta mudah untuk dipahami oleh semua orang.

Susun visi serta misi mengenai perusahaan jasa pembersih karpet Anda serta tujuan apa yang ingin Anda capai dengan baik. Jangan lupa, deskripsikan posisi bisnis yang sekarang dengan yang akan datang.

Jangan lupa, lakukan analisa pesaing usaha seperti apa saja yang sudah mereka lakukan untuk mempromosikan bisnis, seperti apa penawaran yang mereka berikan dan yang lainnya.

Buat catatan analisa kompetitor dan tulis kelemahan serta kekuatan mereka. 

11. Bisnis Agen Travel

Bisnis Agen Travel

Dengan pesona wisata Indonesia yang semakin memukau, bisnis agen travel bisa menjadi pilihan terbaik. Agar sukses menjalankan bisnis ini lakukan strategi pemasaran dengan baik.

Strategi pemasaran akan menunjukkan seberapa besar bisnis ini nantinya sukses dipasarkan. Strategi bisnis harus dirancang dengan lengkap termasuk untuk masalah pemasaran.

Buat rencana pemasaran dengan gambaran pangsa pasar yang akan Anda bidik. Contohnya seperti travel untuk anak sekolah, karyawan kantor atau yang lainnya.

Selain itu sesuaikan pemasaran yang Anda lakukan dengan pangsa pasar yang Anda bidik.

12. Jasa Event Organizer

Jasa Event Organizer

Jasa event organizer bisa dikategorikan sebagai usaha modal 10 juta maupun 5 juta. Dalam menjalankan bisnis, pastikan Anda mengutamakan kualitas jasa.

Hal tersebut dilakukan agar bisnis mampu bersaing dengan pasar dan mempunyai banyak pelanggan. Apalagi jika Anda merupakan orang baru dalam bisnis ini, tentu saja Anda harus lebih belajar dan menyusun strategi yang tepat. 

Sekarang ini event organizer merupakan bisnis yang masih terbilang langka, sehingga tidak ada salahnya Anda mencoba berkecimpung dalam bidang ini.

Untuk tahap awal, Anda bisa menyusun acara-acara kecil terlebih dahulu, setelah itu Anda dapat mengembangkan bisnis ke acara-acara yang lebih besar.

Pebisnis yang baik akan menginvestasikan waktu dan tenaganya untuk menyusun sebuah rencana bisnis yang tepat dan cerdas.

Dengan menyusun apa bisnis yang Anda jalankan, dari mana modal tersebut diperoleh hingga seperti apa pemasaran bisnis tersebut akan membuat Anda lebih mudah mengatasi masalah yang mungkin muncul.

Jangan menyepelekan bisnis hanya karena termasuk dalam kategori usaha modal 5 juta, bisa jadi bisnis ini nantinya menjadi bisnis yang menggurita. 

Show Comments

Leave a Reply